Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Utara

BUMDes HSU Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

×

BUMDes HSU Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Sebarkan artikel ini

Amuntai, KP – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ‘Maju Bersama’ Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Suntai Utara (HSU) mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Terkait dengan keikutsertaan BUMDes tersebut, pekn tadi Tim Penilai dari Provinsi Kalsel melakukan kunjungan ke BUMDes ‘Maju Bersama’ dalam rangka untuk melakukan penilaian.

Android

Agus Fariady, APi, MP selaku Kasi Pengembangan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ( DPMD ) Kalsel pada kesempatan itu mengatakan adapun dalam penilaian lomba BUMDes terbaik pihaknya mengacu pada tiga aspek yaitu Manajerial, operasional dan dampak terhadap masyarakat.

“Jadi ada beberapa aspek yang kita nilai yaitu Manajerial, operasional serta dampak terhadap masyarakat, sampai sejauh mana BUMDes itu bermanfaat bagi masyarakat karena BUMDes itu ada”, katanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan karena berdasarkan masyarakat melalui musyawarah desa untuk mengelola dengan potensi-potensi yang ada didesa, selanjutnya hasilnya akan dikembalikan kedesa demi kesejahteraan masyarakat, BUMDes maju desa sejahtera desa pun makmur.

Ia juga mengharapkan dengan adanya BUMDes ‘Maju Bersama’ Desa Harusan dapat dijadikan contoh oleh desa-desa di HSU agar dapat berinovasi dengan potensi-potensi yang ada didesanya masing-masing.

Senada dengal Plt Kepala DPMD HSU, Amita Susana menyampaikan dengan keikutsertaan BUMDes ‘Maju Bersama’ dapat memotivasi desa-desa di HSU untuk bisa membentuk BUMDes nya masing-masing guna meningkatkan perekonomian desa.

“Semoga desa-desa yang lain dapat termotivasi yang berada diwilayah HSU untuk bisa membentuk BUMDes, yang mana BUMDes ini menjadi tulang punggung perekonomian di desa yang bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat,”, ungkapnya.

Amita menambahkan dipilihnya BUMDes Maju Bersama Desa Harusan dikarenakan pihaknya melihat manfaat untuk masyarakat sangat besar.Disini ada sistem jemput bola, yaitu jenis penggilingan padi mobile/berjalan dan pendistribusian air galon yang mendatangi langsung kemasyarakat, yang dimana kita melihat dibandingkan dengan BUMDes yang lainnya kemanfaatan BUMDes di desa Harusan ini lebih besar untuk masyarakat. (nov/K-6)

Iklan
Iklan