Membangkitkan Kesadaran Umat untuk Bertransaksi Syariah

Oleh : Fadlur Rohman
Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Membangkitkan kesadaaran untuk bertransaksi syariah melalui digital

populasi masyarakat di Indonesia yang memeluk agama Islam adalah sebanyak 237.531.227 jiwa. Jumlah itu setara dengan 86,9 persen dari populasi penduduk di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya itu muslim. Di dalam agama Islam semua sudah diatur dan memiliki caranya sendiri termasuk dalam kehidupan kita sebagai seorang muslim dalam melakukan transaksi.

Transaksi adalah sebuah kesepakatan yang terjadi diantara kedua belah pihak yaitu pembeli dan penjual dalam melakukan kegiatan tukar menukar barang maupun jasa. Salah satu cara transaksi yang diajarkan di dalam islam adalah transaksi syariah. Transaksi syariah adalah transaksi yang dilakukan berlandaskan hukum Islam. Transaksi ini tidak melakukan riba, maisir, dan gharar. Di dalam Islam disuruh untuk menghindari ketiga hal tersebut dalam melakukan transkasi.

Berita Lainnya

Polemik Vaksin Booster Bagi Para Pemudik

Perubahan Iklim Ubah Perilaku Masyarakat

1 dari 512
loading...

Kebanyakan masyarakat disekitar kita kurang kesadaran untuk menjauihi tiga hal tersebut dalam bertransaksi. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena ketidak tahuan mereka akan hal tersebut.

Rendahnya kepercayaan dan kesadaran masyarakat terhadap keuangan syariah juga disebabkan karena rendahnya indeks literasi keuangan syariah. Berdasarkan data OJK tahun 2016 ditunjukkan indeks literasi keuangan (financial literacy) syariah Indonesia adalah 8,11 persen. Seiring berkembangnya zaman ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) mengalami kemajuan dan perkembangan yang begitu pesat terutama dibidang informasi dan komunikasi. Dengan berkembangnya Iptek bisa membangkitkan kesadaran masyarakat untuk melakukan transaksi syariah.

Kita bisa menggunakan dunia digital seperti medsos atau website untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat yang ingin melakukan transaksi bisa lebih memahami apa aitu transaksi syariah. Sehingga disini masyarakat bisa mengetahui bagaimana mekanisme dari transaksi syariah serta keuntungan yang didapat dengan menggunakan transaksi syariah. Di Indonesia sudah banyak penyelenggara yang menyediakan wadah atau aplikasi untuk melakukan transaksi syariah Seperti Bank Syariah Indonesia (BSI), Ammana, Alami Sharia, dan lain-lain. Di Indonesia sudah terdapat berbagai macam wadah atau aplikasi syariah yang pemahaman tentang riba menjadi faktor utama untuk mencegah terjadinya riba atau berhenti dari riba, sebab riba hanya membuat kesenangan semata. Perlu sosialisasi terkait riba kepada masyarakat agar tidak terjadi transaksi yang memuat riba, apalagi mengingat ini tidak sedikit transaksi yang memuat riba namun diabaikan begitu saja.

Berdasarkan data OJK tersebut menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap keuangan syariah masih sangat kecil dibandingkan dengan konvensional, ini menunjukkan masih rendahnya tingkat kepercayaan dan kesadaran masyarakat terhadap industri dan keuangan syariah sudah ada, akan tetapi sangat disayangkan minat masyarakat kita terhadap wadah atau aplikasi syariah yang telah disediakan tersebut masih kurang.

Untuk meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan transaksi syariah kita memerlukan promosi dan melakukan branding yang bagus terhadap platform transaksi syariah sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk melakukan transaksi syariah. Kemudian para pemilik platform juga harus membuat aplikasi yang sedemikian menarik dan mudah untuk digunakan masyarakat. Dengan beberapa usaha tersebut kita bisa meningkatkan lagi minat masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi syariah sesuai dengan fatwa MUI. Seiring dengan banyaknya platform digital yang bebrasis transaksi syariah semakin mudah pula kita untuk menjauhi hal-hal yang dilarang di dalam agama islam untuk bertransaksi seperti riba, maisir dan gharar.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya