Iklan
Iklan
Iklan
Palangka Raya

Kalteng Perkuat Kerukunan Umat Beragama

×

Kalteng Perkuat Kerukunan Umat Beragama

Sebarkan artikel ini
Suasana pembukaan kegiatan dialog pembinaan kerukunan umat beragama sejak dini. (kp/ist)

Perkuat kerukunan umat brragama sejak dini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan pembinaan khususnya kepada generasi muda, salah satunya adalah mengajarkan toleransi antar dan intern umat brragama.

PALANGKA RAYA, KP — Perkuat kerukunan umat brragama sejak dini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan pembinaan khususnya kepada generasi muda, salah satunya adalah mengajarkan toleransi antar dan intern umat brragama.

Android

Kegiatan dilaksanakan melalui Dialog Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Sejak Usia Dini yang diikuti oleh puluhan pelajar dan diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan di Aula Eka Hapakat, komplek kantor Gubernur setempat, Rabu (22/6).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. M. Katma F. Dirun dalam arahannya menyatakan kerukunan umat beragama merupakan dambaan setiap umat manusia.

Sebagian besar umat beragama di dunia, ingin hidup rukun, damai dan tentram dalam menjalankan “kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam menjalankan ibadahnya,” ujar Dirun

Dikemukakab, Bangsa Indonesia diciptakan Tuhan dalam suasana kemajemukan, baik dari suku, ras, agama maupun budaya. Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia dengan berbagai segi kemajemukan sosial budaya, akan tetapi ada potensi gangguan yang harus selalu diperhitungkan dalam mewujudkan keutuhan dan persatuan nasional.

Menyadari potensi konflik tersebut diatas dapat saja terjadi kapan, dan dimana saja, maka segenap terbesar di dunia dengan berbagai segi kemajemukan sosial budaya akan tetap menjadi gejala yang harus selalu di perhitungkan dalam mewujudkan keutuhan dan persatuan nasional,

Salah satu elemen yang tidak kalah pentingnya adalah kalangan generasi muda (belia) dengan berbagai ragam profil dan aktifitasnya. Generasi muda memiliki peranan penting dan strategis dalam hal kerukunan dan toleransi, karena ditangan merekalah masa depan bangsa dipertaruhkan.

Kemajemukan atau pluralitas bangsa adalah kenyataan hidup yang sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Esa dan tidak saling menganggu agama keimanan masing-masing pemeluk.

Masyarakat Indonesia yang beragama pada dasarnya merupakan masyarakat yang cinta kedamaian dan kerukunan, sebagaimana dalam filosofi huma betang. Secara sosiologis budaya kedamaian dan kerukunan cukup kuat mengakar dalam kehidupan bermasyarakat, bahkan di lingkungan dan di sekolah atau dimana saja.

Dia mengajak satukan ide dan pendapat yang baik dalam menyikapi permasalahan tentang kerukunan umat beragama di Wilayah Kalimantan Tengah dan Ciptakan suasana damai dan harmonis antara sesama generasi muda maupun dilingkungan sekolah atau dimanapun kita berada. (drt/k-10)

Iklan
Iklan