Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Pengusaha Muda di Balik Suksesnya Homes Cafe

×

Pengusaha Muda di Balik Suksesnya Homes Cafe

Sebarkan artikel ini
Rivaldy, owner Homes Cafe yang tak segan turun langsung melayani konsumennya. (KP/Opiq)

Banjarmasin, KP – Setiap kisah sukses tentu memiliki banyak cerita berwarna dalam perjalanannya, yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Seperti itu juga cerita pendiri Homes Cafe, Rivaldy. Sebelum sukses membangun jaringan bisnis cafenya hingga saat ini memiliki sejumlah cabang di Banjarbaru dan Banjarmasin, ternyata dia dulu pernah berjualan ayam geprek di pinggir jalan.

“Begitu lulus kuliah tahun 2017, langsung jualan ayam geprek di kota kelahiran saya. Kalau tidak salah, dulu cuma punya modal awal Rp 600 ribu. Gerobak pun pinjam punya tetangga yang jualan bubur ayam. Jadi gantian memakai gerobaknya,” ujar pria kelahiran Amuntai 26 tahun silam ini.

Menurut Aldy, sapaan akrabnya, semua usaha yang dirintisnya hingga sukses seperti sekarang ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak tantangan yang mesti dilalui, termasuk tak adanya dukungan dari pihak keluarga.

Namun, jiwa entrepreneur anak muda jeboan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini terus bergejolak. Dia gigih berjuang dan berinovasi hingga bisnis ayam gepreknya berkembang cukup pesat hingga memiliki beberapa cabang.

Tak cukup di situ, Aldy yang pernah menimba ilmu di negara Thailand ini, kemudian mencoba lagi merambah ke bisnis minuman berbahan dasar kopi, yang saat itu belum booming di Kalsel. Lalu, mulailah Aldy hijrah ke Kota Banjarbaru, merintis usaha kopi di pinggir jalan dengan menggunakan both kecil.

Singkat cerita, usaha kerasnya tak menghianati hasil. Bisnis minuman kopi yang dirintisnya pun berkembang pesat. Aldy lalu mulai metode baru dan mengemasnya dengan konsep cafe, dimana konsumen bisa dine in alias minum di tempat.

Sampai saat ini, Aldy sukses mengembangkan bisnis cafenya hingga memiliki 5 cabang. Homes Cafe adalah brand yang diusungnya.

Baca Juga:  Tim 9 Lakukan Penjurian PARITRANA AWARD Tahun 2022 Terhadap Pemda dan Perusahaan
Homes Platinum Cafe, di Jalan Sultan Adam, Komplek Andhika, Banjarmasin Utara.

“Di Banjarmasin ini cabang ke lima, yang empat lagi ada di Banjarbaru, salah satunya ada di area Bandara Syamsuddin Noor. Tapi, Homes Platinum Cafe di Banjarmasin ini yang paling besar tempatnya. Kapasitas bisa menampung 100 orang. Kami juga sedang mempersiapkan ruangan VIP, bisa untuk rapat kerja atau organisasi, muat 20 – 25 orang,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Aldy, tak lama lagi Homes Cafe juga ada fasilitas drive thru, layanan pesan bawa pulang. Pelanggan yang terburu-buru dapat membeli produk dengan cepat tanpa perlu turun dari kendaraannya.

“Mungkin ini pertama di Banjarmasin, cafe yang ada drive thru. Semua ini kami hadirkan demi kenyamanan tamu,” jelas Aldy lagi.

Homes Platinum Cafe yang baru launching hari Senin, 30 Mei 2022 lalu ini, beralamat di Jalan Sultan Adam, Komplek Andhika, Banjarmasin Utara.
Menurutnya, secara keseluruhan konsep cafe yang dibangunnya terinspirasi dari cafe-cafe yang pernah ditemuinya di Bali dan Thailand.

“Jadi sebagian kita mengadopsi dari sana lalu diaplikasikan di sini. Seperti menu misalnya, kita lebih ke arah western food, tapi tetap menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Kopi pun kita sajikan dengan botol-botol kaca, dan ini juga pertama kali di banua. Yang pasti, semua makanan dan minuman kita halal 100 persen” imbuhnya.

“Kami juga menggunakan bahan baku pilihan. Contohnya, untuk biji kopi kami datangkan langsung dari Bali, dan harganya lebih mahal dari jenis biji kopi lainnya,” tambah Aldy.

Ada beberapa menu minuman andalan di Homes Cafe Platinum ini, khususnya Mocktail Cooffee, perpaduan kopi dan soda yang terbagi dalam beberapa varian rasa.

“Kita ada namanya Manhattan, kopi dengan aroma daun-daunan seperti teh. Kemudian, Brave yang rasa kopinya lebih strong. Juga ada Mercy, kopi dengan aroma buah. Semuanya disajikan menggunakan botol kaca,” bebernya.

Baca Juga:  Diserahkan ke Pemprov Kalsel

Saat ini, dari seluruh cabang Homes Cafe, Aldy mampu membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tak kurang dari 50 karyawan.

“Kami juga punya rencana untuk membuka cabang di Bali. Mohon dukungan dan doanya, agar Homes Cafe bisa ekspansi hingga ke luar daerah,” pungkasnya. (Opq/KPO-1)

Iklan
Iklan