Tiba di Palembang, Kontingen FORNAS Kalsel Siap Raih Hasil Terbaik

PALEMBANG, KP – Kontingen Kormi (Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI, Kalimantan Selatan tiba di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).


Kontingen Fornas Kalsel yang diketuai Staf Khusus Gubernur, DR Taufik Arbain disambut  Karo Ekonomi Setda Pemprov Sumsel, H Afrian Joni, Kamis (30/6).


Menurut Taufik, jumlah kontingen Kalsel sebanyak 375 pegiat dan offisial yang akan mengikuti Fornas VI di Palembang dari tanggal 1 hingga 7 Juli 2022.


Dijelaskannya, di Fornas VI ada 56 inorga yang dipertandingkan, mulai dari olahraga tradisional, permainan dan olahraga modern yang bersifat massal. 


Dalam event ini, ada berbagai lomba tradisional yang akan digelar. Seperti lomba tarik tambang, panahan tradisional dan panahan berkuda hingga lomba perahu bidar khas Palembang Sumsel.

Berita Lainnya
loading...


Menurut Taufik, harapan Ketua Kormi Kalsel, H Sahbirin Noor yang juga Gubernur para pegiat (atlet) dapat meraih prestasi untuk mengharumkan nama daerah.


“Kita yakin pegiat-pegiat akan mendulang hasil yang baik karena bakat anak-anak Kalsel ini dalam bidang olahraga sudah sering membawa prestasi bagi daerah di nasional,” ucapnya.


Sementara itu, data panitia Fornas VI dari 34 provinsi yang ada di Indonesia sudah seluruhnya mengirim perwakilan dan menginput data pegiatnya. Diketahui, terkumpul sebanyak 11.080 peserta kontingen (PK) pertandingan. 


Dari 11.080 peserta kontingen provinsi ini, tercatat sebanyak 61 persen atau 6.710 peserta kontingen menggunakan biaya mandiri dan 39 persen atau 4.370 peserta kontingen (PK) menggunakan biaya KORMI (APBD). 


Jika dilihat berdasarkan kategori Komisi, saat ini terdata bahwa kategori Olahraga Kesehatan Kebugaran (OKK) sejumlah 31 persen atau 3.400 PK, kemudian Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT) sejumlah 24 persen atau 2.722 PK, serta Olahraga Tradisional Kebudayaan (OTKB) sejumlah 45 persen atau 4.958 PK. 


Kemudian untuk keterlibatan Inorga dalam FORNAS di setiap provinsi sendiri tercatat ada sembilan provinsi yang menginput lebih dari 30 Inorga, yaitu Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Kalsel, Kaltim, Lampung, dan Sumsel. (rilis/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya