Kini Tokopedia E-Samsat hadir di Kalimantan Utara

Kalimantan Utara, kalimantanpost.com – Kehadiran salah satu e-commerce nomor 1 di indonesia yakni Tokopedia di Provinsi Kalimantan Utara yang bersinergi dengan pemerintah setempat meluncurkan layanan Tokopedia E-Samsat, dimana pemerintah kaltara mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dengan layanan daring yang lebih aman dan praktis ini.

Kepala Bapenda, Dr. Tomy, SE., M.Si mengatakan, “Adopsi teknologi merupakan hal penting dalam pemenuhan kebutuhan harian, termasuk untuk membayar pajak. Langkah Tokopedia yang memfasilitasi pembayaran PKB patut diapresiasi karena akan memudahkan masyarakat Kaltara sekaligus dapat mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.”

“Antusiasme masyarakat membayar PKB secara online mendorong adanya peningkatan jumlah transaksi melalui layanan E-Samsat di Tokopedia sebesar 2,5x lipat selama kuartal II 2022 dibandingkan periode yang sama pada 2021.” pungkas Emmiryzan, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia.

Melalui Tokopedia E-Samsat ini, masyarakat Kaltara wajib pajak dapat membayar PKB dan mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektrik (E-TBPKP) sah yang bisa diunduh kemudian dicetak sendiri.

Berita Lainnya

Simpun Amanah, Tanah Laut Berkah

1 dari 1.880
loading...

Pembayaran PKB menjadi lebih cepat karena proses tersebut dilakukan dalam hitungan menit di mana pun dan kapan pun lewat Tokopedia. Cukup dengan mengakses https://www.tokopedia.com/pajak/samsat/, kemudian pilih Samsat Kaltara dan masukkan Nomor Polisi, Nomor Mesin serta NIK. Selanjutnya, klik ‘Cek Tagihan’ dan pilih metode pembayaran yang diinginkan.

Tokopedia merupakan bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, menyediakan lebih dari 50 opsi pembayaran yang dapat dipilih, termasuk pembayaran secara cicilan, transfer bank, uang elektronik dan masih banyak lainnya, sehingga masyarakat kaltara juga dimudahkan dengan tidak adanya batas nominal transaksi tunggal sehingga berapapun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan.

Saat ini, layanan Tokopedia E-Samsat telah hadir di berbagai wilayah Indonesia, antara lain Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Kalimantan Timur. Jumlah wilayah ini akan terus bertambah ke depannya dan juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal lainnya.

“Dengan terus mengedepankan kolaborasi bersama mitra strategis, termasuk pemerintah provinsi Kaltara, Tokopedia berharap layanan Tokopedia E-Samsat dapat terus meningkatkan antusiasme masyarakat Kaltara dalam memenuhi kewajiban perpajakan sekaligus berkontribusi pada penerimaan daerah, khususnya di tengah pandemi saat ini,” tutup Emmiryzan.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya