Iklan
Iklan
Iklan
Tanah Laut

Sukamta Launching P3DN dan Logo Hutala

×

Sukamta Launching P3DN dan Logo Hutala

Sebarkan artikel ini
BUPATI TALA - HM Sukamta saat launching logo Himung Ulahan Tanah Laut (Hutala). (KP/Ist)

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta resmi melaunching dua gerakan nasional untuk meningkatkan daya konsumsi terhadap produk barang/jasa lokal di Tala yaitu gerakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) melalui logo Himung Ulahan Tanah Laut (Hutala), bertempat di Aula Sarantang Saruntung, Kamis (30/6/2022).

Dalam sambutannya, Sukamta mendukung penuh gerakan nasional tersebut karena selaras dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala yang sudah menerapkan belanja barang/jasa produk lokal melalui E-marketplace Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tala (Sosialita) sejak tahun 2020.

Android

“Melalui Instruksi Presiden No 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan P3DN, kebijakan ini justru sangat mendukung kebijakan Sosialita yang sudah kita laksanakan. Anggaran belanja pemerintah daerah yang begitu besar dapat diserap oleh pelaku usaha lokal kita, ada perputaran ekonomi dalam daerah sehingga perekonomian di Tala bisa semakin maju”, ungkapnya.

Lebih lanjut Sukamta berharap dengan dilaunchingnya gerakan Hutala juga semakin mendorong daya beli warga terhadap produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). Selain meningkatkan perekonomian, menurutnya gerakan Hutala juga dapat mendorong inovasi dan daya saing produk barang/jasa pelaku usaha di Tala.

“Melalui gerakan Hutala ini saya harap dapat semakin menarik minat warga kita membeli produk lokal. Harus kita dukung dan kita sukseskan. Saya yakin dengan gerakan ini maka pendapatan warga kita semakin meningkat”, pungkasnya.

Acara launching tersebut turut dimeriahkan dengan stand-stand UMKM dan IKM yang menjual berbagai produk olahan di Halaman Kantor Bupati. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan dana hibah senilai Rp 500 juta kepada perkumpulan Pedagang Kaki Lima (PKL) Uber Rejeki Tala. Turut dilaksanakan pula pencanangan komitmen Zona Integritas di lingkungan Pemkab Tala dan penetapan empat SKPD Zona Integritas, yaitu Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag), Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) dan Kecamatan Takisung.

Hadir pada acara tersebut Kepala BPKP Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudy M Harahap, jajaran Forkopimda, Sekda Tala H Dahnial Kifli, perwakilan Ombudsman Kalsel, para kepala SKPD, para pelaku UMKM dan IKM. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan