Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinas Perpustakaan HST Gelar Sosialisasi

Barabai, KP – Demi meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Perpustakaan Kabupaten HST menggelar Sosialisasi Minat Baca.

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi, bertempat di Lapangan Futsal Birayang Surapati, Kecamatan Batang Alai Selatan, Kamis (30/6/2022)

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kalsel, M Wildan Akhyar, Kepada Dinas Perpustakaan Kabupaten HST, para Camat, para Ketua TP PKK Kecamatan, para Pembakal, Kepala SDN Birayang Surapati, Kepala SDN 2 Birayang dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak yang menyelenggarakan acara ini.

“Meskipun atensi masyarakat terkendala untuk mengikuti ini karena hujan, namun semangatnya patut kita hargai,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, minat baca ini selalu seiring pergerakan dengan waktu seiring dengan umur yang berjalan biasanya trendnya itu semakin lama/tua semakin menurun, mungkin ditekankan ini kepada ibu-bapaknya atau orang tuanya dulu minat bacanya yang harus dijaga

“Bapak-ibu mulailah dari sekarang mulailah dari diri sendiri contohkan kepada anak-anak kita,” tegasnya.

Berita Lainnya
1 dari 697
loading...

Bupati mengharapkan acara sosialisasi ini tidak berhenti pada setelah acara ini saja tapi acara sosialisasi ini menjadi semangat memotivasi bapak-ibu sekalian para agen perubahan untuk mengajak masyarakatnya agar gemar untuk membaca. Untuk memperkaya hasanah ilmunya, semuanya diawali dari membaca.

“Diharapkan peserta bisa untuk mulai mengajak para pemangku kebijakan kami selaku kepala daerah, camat, pembakal, ayo mulailah kita untuk bagaimana memikirkan dan melaksanakan bagaimana untuk menghidupkan kembali minat di masyarakat kita,” harapnya.

“Sosialisasi yang kita lakukan ini adalah untuk membuat sebuah pilar yang kuat pondasinya, mudah-mudahan masyarakat kita semakin pintar menyadari pentingnya membaca,” tutup Bupati.

Sementara Panitia penyelenggara, Plt. Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kab HST Mujahidin melaporkan kegiatan sosialisasi minat baca dibagi dalam dua tempat.

Tempat pertama diisi dengan kegiatan penyuluhan oleh Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel dan Kepala Dinas Perpustakaan Kab HST, dengan jumlah peserta 225 orang yang terdiri dari Pembakal dan Perwakilan masyarakat Kec BAS, Kepala Perpustakaan desa yang masih aktif, Pengurus Daerah Pustakawan Indonesia Kab HST, Duta Baca dan Forum anak Kab HST, Kepala Sekolah dan Dewan guru SDN Birayang Surapati dan SDN 2 Birayang.

Kemudian tempat kedua diisi dengan kegiatan layanan perpustakaan keliling, mmbaca Bersama badut, senam otak dan lainnya dengan pemateri Tim dari Dinas Kabupaten HST, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kalsel dengan jumlah peserta 150 siswa dari SDN Surapati dan SDN 2 Birayang.

“Tujuan kegiatan menumbuhkan kesadaran pentingnya membaca baik pada usia anak-anak maupun orang dewasa, meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat di HST serta meningkatkan nilai indek pembangunan literasi masyarakat HST,” tutupnya. (ary/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya