Kalsel kirim 24 atlet ke Kejurnas FORKI 2022 di Padang-Sumbar

Kalsel mengirimkan 24 karateka mengikuti Kejurnas Forki di Padang Sumatera Barat, dilepas Gubernur Paman Birin, Senin kemarin.

Banjarmasin, KP – Provinsi Kalimantan Selatan mengirim sebanyak 24 atlet, yakni, 15 putra dan 9 putri ke Kejuaraan Nasional Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) tahun 2022 di Padang, Sumatera Barat.

“Total yang diberangkatkan kontingen atlet dengan pelatih dan lainnya sebanyak 35 orang,” ujar Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi saat pelepasan para atlet tersebut di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin.

Pelepasan para atlet karate dilakukan langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang juga Ketua FORKI Kalsel untuk berlaga di Kejurnas FORKI 2022 di Padang-Sumber pada 1–6 Oktober 2022.

“Harapan pak gubernur tadi dengan para atlet agar bisa pulang membawa medali,” ujar Fitri.

Menurut dia, Dispora Kalsel dan FORKI Kalsel optimis para atlet bisa berprestasi di Kejurnas ini karena sudah melalui proses yang matang hingga 7 bulan pelatihan dan pembinaan secara serius.

Karena, ucap dia, para atlet harus bisa membuktikan diri pada ajang Kejurnas ini untuk bisa mengikuti Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk bisa berlaga di PON tahun 2024 di Aceh-Medan.

Berita Lainnya
1 dari 816
loading...

Apalagi, ujar Fitri, Kalsel sudah menetapkan cabang olahraga karate sebagai cabang olahraga unggulan sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dicanangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Karena Kalsel masuk 11 provinsi yang diutamakan melaksanakan pencetakan atlet berprestasi untuk nasional tersebut.

“Makanya kita sangat serius memajukan olahraga ini, dan bisa memunculkan bibit atlet yang berprestasi di PON hingga untuk Indonesia,” tutur Fitri.

Dia pun menyatakan, Kalsel kali ini cukup banyak mengirim atlet karate ke Kejurnas, dengan harapan bisa banyak atlet diasah mental dan kecekatannya, sehingga memiliki kepercayaan diri tinggi di setiap event nasional nantinya.

“Harapan kita bisa pada PON nanti canang olahraga karate Kalsel bisa banyak berprestasi,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Inkai Kalsel, Prof DR HM Erham Amin menyatakan optimismenya, para karateka banua akan mampu mempersembahkan prestasi terbaik, dengan membawa pulang medali.

‘’Dukungan penuh semangat Gubernur Paman Birin, juga bisa menjadi motivasi karateka Kalsel agar tampil semangat di Padang Sumbar,’’ kata Erham Amin yang Guru Besar Fakultas Hukum ULM. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya