Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Dewan Berharap Seluruh Seluruh Puskesmas Berstatus BLUD

×

Dewan Berharap Seluruh Seluruh Puskesmas Berstatus BLUD

Sebarkan artikel ini
Gusti Yuli Rahman

Banjarmasin,KP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin diminta terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Salah satunya menurut anggota komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Gusti Yuli Rahman mengatakan, melalui peran puskesmas berstatus menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Sebelumnya kepada {KP} Kamis (20/10/2022) ia menyebutkan, berdasarkan data terakhir dari sebanyak 26 buah puskesmas yang ada di Banjarmasin yang sudah berstatus BULD baru 14 puskesmas.

” Dari jumlah itu berarti tinggal 12 puskesmas yang ada di Banjarmasin belum berstatus menjadi BLUD,” ujarnya.

Gusti Yuli Rahman mengatakan, pihak dewan melalui komisi IV saat rapat kerja dengar pendapat dengan Dinas Kesehatan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat terus memberikan dorongan agar seluruh puskesmas di kota berstatus BLUD.

Dijelaskan anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat ini, puskesmas dengan status BLUD selain bisa mengembangkan layanan,tapi juga dapat menggali dan mengelola pendapatan secara mandiri.

“Bahkan boleh menambah tenaga kesehatan seperti perawat dokter dan tenaga lainnya yang dibutuhkan,” kata Gusti Yuli.

Ditandaskannya, sudah menjadi tugas Pemko Banjarmasin untuk terus berupaya menjadikan program kesehatan sebagai skala prioritas dalam setiap pelaksanaan pembangunan.

Masalah lanjutnya, karena melalui peningkatan pelayanan tersebut setidaknya diharapkan sebagai jawaban dalam menyikapi pelayanan kesehatan yang seringkali kali dikeluhkan masyarakat selama ini.

Gusti Yuli Rahman menegaskan. semua warga pada dasarnya berhak mendapat pelayanan kesehatan secara baik, tak terkecuali masyarakat miskin yang telah mendapatkan jaminan dari pemerintah pusat maupun daerah. (nid/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Banjarmasin Tak Ada Jaminan Pakai Vaksin Astra Zeneca
Iklan