Legislator Kapuas Minta KPU Kaji Ulang Pengurangan Kursi Dapil IV

Kuala Kapuas, KP – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Lawin, meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, untuk dapat mengkaji ulang terkait pengurangan jumlah kursi legislatif di Dapil IV.

“Saya minta KPU untuk dapat mengkaji ulang terkait data khususnya di Dapil IV yang mengalami pengurangan jumlah kursi,” kata Lawin, di Kuala Kapuas, Kamis (1/12).

Hal itu diminta oleh legislator dari Partai Hanura ini, karena wilayah daerah pemilihannya itu yang meliputi Kecamatan Kapuas Hilir, Pulau Petak, Kapuas Murung dan Dadahup ini, telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Kapuas, yang semula jumlah 8 kursi, mengalami pengurangan satu kursi menjadi 7 kursi.

Ini ditetapkan oleh KPU kabupaten setempat, berdasarkan dari hasil penilaian mereka bahwa jumlah penduduk yang ada di wilayah Dapil IV mengalami penurunan, sehingga jumlah kursi di legislatig otomatis pada Tahun 2024 mendatang, berkurang menjadi 7 kursi.

Berita Lainnya
1 dari 358
loading...

“Data yang diambil alih oleh KPU itu di Dapil IV, yang mana ada pengurangan. Setelah saya komfirmasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, artinya Dukcapil menyampaikan data kependudukan khususnya di wilayah Dapil IV itukan tidak berkuran, malam bertambah,” katanya.

Cuma yang menjadi kendala di daerah pemelihannya itu, khususnya Dapil yang di daerah non pasang surut tidak pernah di biayai oleh pemerintah terkait perekaman KTP, dan hanya dua kali dibiayai APBD, ternyata melalui perekaman KTP itu berbuntut dari pengurangan kursi, khususnya di wilayah Dapil IV.

“Untuk itulah saya minta dengan KPU untuk mengkaji ulang terkait keputusannya tersebut. Kami minta nanti, untuk riil data kelapangan. Jadi evaluasi ulang,” pintanya.

Terkait dengan adanya pengurangan kursi untuk di Dapil IV, wakil rakyat yang terpilih dua priode ini, mengaku di rugikan dalam pengurangan tersebut.

“Saya merasa mungkin semua masyarakat di Dapil IV itu, sebagai warga negara dan warga Kabupaten Kapuas, merasa di rugikan dengan berkurangnya kursi yang semulanya di 2014 itu sembilan kursi berkurang satu menjadi delapan, dan 2024 lagi berkurang satu menjadi tujuh kursi, berarti Dapil IV ini menjadi tumbal-tumbalan pengurangan kursi,” sesalnya. (Al)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya