Misi Dagang Perluas Akses Pasar Pelaku Usaha

Banjarmasin, KP – Misi dagang ke berbagai daerah di Indonesia dapat meningkatkan misi pasar di luar daerah. Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengklaim, melalui misi dagang ini, berbagai macam komoditi dan produk unggulan di banua dapat dikenal lebih luas.

Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, belum lama ini menyampaikan, dari hasil evaluasi kegiatan selama tahun 2022, misi dagang bertujuan memperluas akses pasar produk Kalsel, sehingga dapat saling mendukung pemenuhan keperluan masyarakat.

Menurutnya, melalui forum misi dagang dapat dipastikan kelancaran distribusi barang, saling berkoordinasi mengenai informasi-informasi tentang perdagangan baik promosi maupun misi dagang.

Pada misi dagang tahun 2022 lalu, Kalsel dan Jatim memperdagangkan berbagai komoditas seperti hasil pertanian, perkebunan, dan industri serta produk olahan dan kerajinan berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 147.312.766.000.

Berita Lainnya
1 dari 1.751
loading...

“Kita mengajak Jawa Timur untuk melaksanakan kegiatan misi dagangnya di Kalimantan Selatan, ini akan menambah akses pasar produk-produk daerah. Kemudian, melaksanakan misi dagang dengan menggaet kedutaan besar Indonesia di Mesir untuk bekerjasama,” ungkapnya.

Adanya misi dagang Kalsel – Jatim akan menghasilkan kerja sama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak agar dapat mendorong sektor bisnisnya untuk melanjutkan program kemitraan antar pedagang di dua daerah.

Tentunya, lanjut Birhasani, hal ini akan menguntungkan bagi para pelaku usaha di banua. Artinya, pihak-pihak ketiga yang diberikan pemerintah telah dapat dimaksimalkan dengan melibatkan partisipasi mereka.

Birhasani menambahkan, pada tahun 2023 ini pihaknya juga akan terus melaksanakan misi dagang bersama para pelaku UMKM di banua karena sebagai pintu gerbang dan penyangga pangan ibukota negara.

Menurut pengakuan seorang pengusaha busana anak, selain misi dagang, sebaiknya juga tetap dilaksanakan expo dengan peertanya para UMKM, seperti yang pernah dilakukan beberapa waktu lalu. (Opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya