Iklan
Iklan
EKONOMI

BI Kalsel Siapkan Rp 2,79 Triliun Hadapi Ramadan dan Idulfitri

×

BI Kalsel Siapkan Rp 2,79 Triliun Hadapi Ramadan dan Idulfitri

Sebarkan artikel ini
PELUNCURAN - Kepala BI Kalsel Wahyu Pratomo Dampingi Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar usai peluncuran Serambi 2023 di Kantor BI Kalsel, Banjarmasin, Selasa (21/3/20230) pagi. (Kp/Narti)

Banjarmasin, KP – Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menyiapkan uang cash sebesar Rp 2,79 triliun untuk melayani kebutuhan masyarakat Banua menghadapi Ramadan dan Hari Raya Idulfitri.

“BI menyediakan uang pecahan Rp 2,79 triliun untuk penukaran yang tersebar di 207 titik lokasi penukaran yang dikerjasamakan dengan teman-teman dari perbankan baik bank umum maupun BPR. Ada 185 titik oleh Bank Umum dan 22 titik oleh BPR,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Wahyu Pratomo usai peluncuran SERAMBI 2023, singkatan dari “Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri 2023” di Kantor BI Kalsel, Selasa (21/3/2023) pagi.

Selain itu, lanjut Wahyu Pratomo, BI Kalsel juga melakukan layanan inovasi drive-trough atau penukaran uang tanpa turun dari kendaraan di halaman belakang Kantor BI Kalsel mulai hari ini.

“Layanan drive-trough tadi telah dicoba oleh Sekda Kalsel, selanjutnya terbuka bagi masyarakat umum, setiap Senin-hingga Kamis mulai pukul 09.00-12.00,” ujarnya.

Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar melakukan penukaran uang pada layanan inovasi drive-trough di Kantor BI Kalsel, Banjarmasin, Selasa (21/3/20230).

Menurut Wahyu Pratomo, Bank Kalsel juga melakukan kegiatan layanan penukaran uang susur Sungai Martapura minimal sebanyak dua kali di Kalsel.

“Apabila kesepakatan tinggi, nanti bisa ditambahkan frekwensinya,” tuturnya.

BI Kalsel bersama perbankan juga melakukan kerjasama layanan dalam kerangka Kaliber atau Kas Keliling Bersama di Banjarmasin, Barabai dan wilayah Kotabaru.

“Kami juga melakukan kegiatan yang sifatnya wholesale atau penukaran dengan perusahaan besar, ASN, TNI Polri atau grup-grup masyarakat banyak, kita layani selain 207 titik bekerjasama dengan perbankan,” jelasnya.

Wahyu Pratomo menegaskan tidak membatasi jumlah penukaran, agar mudah dan cepat dilakukan secara paket perorangan. Pecahannya juga telah diatur sesuai kebutuhan masyarakat.

Peluncuran Serambi 2023 BI Kalsel, ditandai pemotongan pita oleh Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo, dilanjutkan penukaran uang secara lantatu atau drive-trough oleh Sekda.

Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengapresiasi inovasi yang dilakukan BI Kalsel dengan membuka program layanan penukaran uang bagi masyarakat umum menjelang Ramadan dan Idulfitri.

Dengan adanya layanan Sarambi 2023 BI Kalsel ini, lanjut Roy, masyarakat tidak perlu lagi kesulitan memperoleh uang pecahan yang biasanya dibutuhkah untuk menghadapi Hari Raya Idulfitri.

“Layanan penukaran uang pecahan ini sangat membantu masyarakat terutama untuk menghadapi Hari Raya Idulfitri. Semoga layanan Bank Indonesia ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh masyarakat,” katanya usai launching SERAMBI 2023.

Sebelumnya, pihak BI telah melaksanakan rangkaian uji coba inovasi layanan penukaran uang Rupiah, yaitu kas keliling susur sungai Martapura pada 14 Maret 2023, dan layanan tukar uang tanpa turun kendaraan (drive-through) di kantor BI Kalsel pada 16 Maret 2023.

Dari hasil uji coba tersebut, Budi mengatakan animo masyarakat cukup tinggi. Sehingga demi memenuhi kebutuhan uang kartal bagi masyarakat dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, dan kualitas yang layak edar (clean money policy), maka BI Kalsel akan melanjutkan layanan penukaran uang tunai selama bulan Ramadan. (Nau/K-1)