Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Tinjau Kondisi Masyarakat Terdampak Banjir

×

Bupati HST Tinjau Kondisi Masyarakat Terdampak Banjir

Sebarkan artikel ini

Barabai, KP – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi mengajak Dinas PUPR, Dinas Sosial PPKB PPPA, Dinas Perkim, BPBD dan Camat Hantakan untuk ikut terjun langsung ke lapangan mengecek langsung dampak dari banjir yang terjadi beberapa hari lalu, Minggu (19/3/2023).

Peninjauan dimulai dari melihat kondisi jembatan di wilayah Kecamatan Hantakan di desa Bulayak dimana ada jembatan yang rusak dan bahkan ada yang hilang terbawa arus derasnya banjir di desa Patikalain.

Android

Melihat kondisi tersebut Bupati perintahkan camat agar dilakukan perbaikan jembatan darurat sementara, sembari menunggu dimana ada beberapa jembatan yang akan diperbaharui dan dibangun oleh Dinas PUPR pada tahun 2023 ini.

Selanjutnya Bupati beserta rombongan meninjau langsung kondisi rumah warga desa Tilahan yang rusak dan hilang (hanyut) terbawa arus banjir, disini Bupati Aulia memberikan bantuan berupa sembako, peralatan tidur dan peralatan masak, selain itu Bupati Aulia juga menyerahkan bantuan uang tunai kepada 2 Keluarga yang rumah rusak dan 2 keluaraga yang rumahnya hanyut, masing-masing dibantu Rp. 2 juta.

Kepada Pembakal desa Tilahan Bupati Aulia berpesan agar 4 keluarga ini diprioritaskan untuk pengajuan dibangunkan rumah yang layak kepada Instansi terkait, hal ini agar dimusyawahkan dengan warga dan aparat desa untuk menjadi skala prioritas.

“Terima kasih kepada Pak Bupati, semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi kami, Ucap Bahdi salah satu warga Tilahan yang mendapat bantuan,” ujarnya.

Peninjauan selanjutnya Bupati Aulia ke daerah hilir, dimana daerah ini mulai tergenang banjir yaitu di desa Masiraan dan Jaranih, dalam kesempatan tersebut, Bupati Aulia menyusuri jalanan Kampung dengan jalan kaki menerjang banjir membagikan makanan berupa nasi bungkus.

Bupati mengungkapkan, cuaca akhir-akhir ini ekstrem dimana hujan setiap hari mengguyur dengan intensitas yang cukup tinggi, memang tidak bisa dihindari dan sangat rentan banjir. Karena itu warga diminta tetap tenang, bersabar dan terus berdoa agar terhindar dari marabahaya serta musibah.

Baca Juga:  100 Peserta Ikuti Sosialisasi Restorative Justice di Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah

“Kepada Camat terlebih kepada Pembakal untuk dapat mendata warganya sehingga setiap warga yang terdampak turut merasakan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten HST,”pinta Bupati Aulia saat membagikan makanan ke warga

Bupati juga meminta pada instansi terkait, baik itu Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD atau pihak kecamatan hingga desa untuk selalu memonitor warga yang terdampak. Serta melibatkan aparat keamanan untuk menjaga keamanan rumah rumah warga.

“Dengan bantuan yang kami berikan berupa makanan, semoga dapat meringankan beban mereka dan mudah-mudahan warga di desa Masiraan dan Jaranih bisa bersabar,bisa tetap semangat dan sehat dalam menghadapi Cobaan yang ada,”tutup Bupati

Saat membagikan makan di warga desa Masiraan Bupati didampingi Plt Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA, Kalak BPBD, Kapolsek Pandawan dan Danramil, bantuan makanan juga diserahkan Bupati ke Posko banjir desa Jaranih untuk dibagiakn warga desa Jaranih. (Ary/KPO-1)

Iklan
Iklan