Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Jelang Ramadhan, Waspadai Barang Kadaluwarsa

×

Jelang Ramadhan, Waspadai Barang Kadaluwarsa

Sebarkan artikel ini
Yunan Chandra

Banjarmasin, KP – Selama bulan puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri , Pemerintah Kota Banjarmasin dan Balai Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) diminta diminta bekerja ekstra

Dengan meningkatkan pengawasan terhadap makanan dan berbagai produk pangan yang dijual dan beredar di pasaran kota ini

Anggota komisi II DPRD Kota Banjarmasin DR (HC) Yunan Chandra mengatakan, selain melakukan pengawasan makanan yang mengandung bahan zat berbahaya, patut diwaspadai adalah masuknya berbagai produk pangan impor yang didatangkan secara ilegal.

” Termasuk perlu diwaspadai beredarnya produk makan dan minuman dalam kemasan yang sudah kadaluarsa,” katanya kepada {KP} Selasa (7/3/23)

Sebelumnya Yunan Chandra mengatakan,menyusul peningkatan kebutuhan konsumen pada setiap bulan puasa atau hari besar keagamaan lainnya tidak menutup kemungkinan ditemukan produk pangan impor yang didatangkan secara ilegal.

Diendarkan dan masih dijualnya barang- barang kebutuhan itu ujarnya, biasanya dimanfaatkan oleh pedagang atau pengusaha nakal untuk meraup keuntungan lebih besar.

Anggota dewan dari Partai Nasdem ini menyatakan, masuknya sejumlah makanan dan minuman dalam kemasan serta produk pangan ilegal lainnya itu ditengarai dilakukan dengan cara diselundupkan melalui pelabuhan tidak resmi.

Menurutnya, terkait telah diterbitkannya Perda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B) tentunya Pemko Banjarmasin berkewajiban menjaga ketersediaan pangan, tapi juga berkewajiban melindungi konsumen dan kesehatan masyarakat.

” Oleh karenanya, dibutuhkan keterlibatan semua instansi terkait secara terkoordinasi untuk mencegah tangkal masuknya pangan ilegal tersebut,” demikian kata Yunan Chandra. (nid/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Pemko Apresiasi Mahasiswa Universitas Al-Azhar Asal Banjarmasin
Iklan