Iklan
Iklan
HEADLINE

Kepala Dislutkan Kalteng Jadi Narasumber Kuliah Umum Mahasiswa FPIK IPB University

1
×

Kepala Dislutkan Kalteng Jadi Narasumber Kuliah Umum Mahasiswa FPIK IPB University

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng Darliansjah sebagaj narasumber kuliah umum bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University di Auditorium Sumardi Sastrakusumah IPB Bogor, Rabu (3/5/2023). (kalimantanpost.com/Istimewa)

BOGOR, kalimantanpost.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng Darliansjah menjadi narasumber kuliah umum bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University di Auditorium Sumardi Sastrakusumah IPB Bogor, Rabu (3/5/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh tim konseling FPIK mengangkat tema Strategi Pengembangan Kelautan dan Perikanan Terpadu di Kalteng, sedangkan moderator dari Akademisi Departemen Teknologi Hasil Perikanan Agoes Mardiono Jacob.

Darliansjah mengungkapkan, salah satu program strategis yang digagas oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran yaitu percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan terpadu Kalteng.

“Perlu adanya komitmen, sinergisitas dan kolaborasi dalam menjalankan strategi kolaborasi pentahelix yaitu pemerintah, badan usaha/pengusaha, masyarakat, akademisi dan media,” ucapnya.

Menurut dia, salah satu program inovasi yang dilaksanakan yaitu pengembangan Kawasan shrimp estate akan dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Kalteng, Pemkab Sukamara, masyarakat, BUMN/BUMD dan swasta, serta pendampingan teknis FPIK IPB University.

Diakui Darliansjah, Pemerintah Kalteng mendapatkan nilai manfaat dari kolaborasi pentahelix yaitu penyerapan tenaga kerja, pelibatan masyarakat/komunitas, peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengungkapkan, tujuh program strategis dan inovatif yang menjadi program unggulan yaitu pembangunan Shrimp Estate, Kampung Budidaya Berkah, Pelabuhan Perikanan, Kampung Nelayan Berkah, ekspor ikan patin untuk pasokan umroh dan haji

Kemudian ada asuransi bagi Pelaku Usaha Perikanan Berkah (asuransi KUSUKA BERKAH) dan pemantapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik. Kuliah umum juga dirangkaikan dengan dialog interaktif dan games.

“Akademisi hadir untuk bersinergi dalam mempercepat pembangunan perikanan dan kelautan di Kalteng yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IPB University dan Pemprov.Kalteng,” tandas Darliansjah.

Sementara itu, Fredinan Yulianda selaku Dekan FPIK IPB University mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya kuliah umum ini dan siap meningkatkan sinergisitas untuk dapat bekerja sama di sektor kelautan dan perikanan khususnya pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kalteng.

Dijelaskannya, potensi dari berbagai komponen dapat dikembangkan untuk mendukung percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan khususnya di Provinsi Kalteng.

Ikut hadir pada kuliah umum itu Wakil Dekan FPIK Mala Nurilmala, Ketua Konseling FPIK Ihin Solihin, Sekretaris Dislutkan Kalteng Nita Fera dan Kabid Budidaya, Pengolahan, Pemasaran (Budlahsar) Dislutkan Kalteng Sugeng Kaspani, Kabid Kelautan dan Pesisir Zur Rawdoh dan Kepala UPT PBAPL Kumai. (Drt/KPO-3)