Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Klinik Kinibalu Turunkan Dokter Spesialis Layani Pasien di Puskesmas

×

Klinik Kinibalu Turunkan Dokter Spesialis Layani Pasien di Puskesmas

Sebarkan artikel ini
DOKTER SPESIALIS - Klinik Kinibalu menurunkan dokter spesialis untuk melayani masyarakat di Puskesmas Sungai Jingah, yang didukung IDI Kalsel dan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Senin. (KP/opiq)

Banjarmasin, KP – Klinik Kinibalu menginisiasi program Dokter ‘Sehati’, karena merasa memiliki tanggungjawab dan kewajiban untuk membantu peningkatan kesehatan masyarakat, khususnya di Kota Banjarmasin.

Program yang bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), mengangkat tema ‘Dokter Spesialis Menyehatkan Masyarakat Sepenuh Hati Bersama IDI’.

Selain bersinergi dengan IDI Kalsel, kegiatan ini juga didukung Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Pada kegiatan pertama kalinya ini, Klinik Kinibalu bersama para dokter spesialis mengunjungi Puskesmas Sungai Jingah, di Jalan Jahri Saleh, Banjarmasin Utara, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Senin (4/9/2023).

Pada kesempatan itu, Kepala YANSDK Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, dr. Tabiun Huda menyambut baik atas kepedulian Klinik Kinabalu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Banjarmasin.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, dalam memberikan layanan untuk masyarakat, sehingga bisa mendapatkan layanan spesialisasi yang seharusnya ke rumah sakit provinsi, tapi ini cukup di puskesmas,” ujarnya.

Menurutnya, melalui program ini masyarakat dapat melakukan konsultasi atau menyampaikan keluhan sakitnya secara langsung kepada dokter spesialis yang bertugas.

Kemudian, lanjutnya, dokter-dokter yang ada di sini (puskesmas) juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis, sehingga kendala apa yang mereka hadapi dapat diberikan solusi.

“Kita sangat mendukung kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan ke depan seluruh puskesmas di Kota Banjarmasin bisa mendapatkan layanan seperti ini,” kata dr Tabiun Huda.

“Kita juga akan mendorong klinik lainnya agar bisa mewujudkan seperti yang telah dilakukan Klinik Kinibalu untuk memberikan layanan seperti ini di puskesmas lainnya di Banjarmasin,” jelasnya.

Layanan spesialisasi ini, tambah dr Tabiun Huda tidak dipungut biaya alias gratis dan untuk obat-obatannya akan disediakan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Sementara itu, dokter Spesialis Gizi Klinik Kinabalu, dr Dina Aulia Insani mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya program ini adalah sebagai bentuk tanggungjawab terhadap peningkatan kesehatan masyarakat.

Baca Juga:  Dispersip Terus Terobos Banjir

“Kita sebagai klinik dan fasilitas kesehatan di Kota Banjarmasin memiliki tanggungjawab dan kewajiban untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah dengan menjangkau langsung ke puskesmas,” ucapnya.

Lebih jauh dr Dina menyampaikan, dokter-dokter spesialis yang terlibat pun sangat bersemangat. Selain memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, juga berbagi ilmu dengan dokter-dokter yang bertugas di puskesmas.

“Kita berkomitmen setiap puskesmas akan rutin dikunjungi,” beber dr Dina.

Bahkan, minimal ada tiga dokter spesialis yang melayani, yang pada kegiatan kali ini melibatkan tiga dokter spesialis, yaitu dokter spesialis mata, spesialis THT serta spesialis penyakit kulit, kelamin & estetika.

Untuk jumlah pasien yang dilayani memang akan dibatasi sesuai dengan jam operasional puskesmas.

“Kita juga sangat berterima kasih kepada Puskesmas Sungai Jingah, yang pertama kali berkenan bekerja sama. Nanti sambil berjalan kita akan lihat. Karena kita rencana memang sekitar 2-3 jam untuk pelayanan. Dan akan dilanjutkan dengan sharing dan diskusi dengan para dokter,” ucapnya.

Pihaknya juga menargetkan satu dokter spesialis dapat melayani sekitar 20 pasien dalam waktu 2-3 jam tersebut. Setiap dokter yang bertugas memilki kewenangan dan kompetensi yang sesuai dengan spesialisasinya.

“Setiap satu bulan sekali kita akan melakukan kunjungan ke puskesmas yang ada di Banjarmasin untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat,” tutupnya.

Salah seorang pasien penyakit mata, Jamhuri, bersyukur bisa dilayani dokter spesialis untuk mengobati keluhannya tanpa dipungut biaya.

“Alhamdulillah, saya senang dengan pengobatan gratis ini. Tadi sudah diperiksa mata. Pelayanannya juga cepat,” tutur Jamhuri yang mendapat informasi pengobatan oleh dokter spesialis ini melalui pesan Whatsapp. (opq/K-7)

Unite Gallery Li

Iklan
Iklan