Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMI

Ratusan Relawan UPBS Tabalong Dilindungi Program BPJAMSOSTEK

×

Ratusan Relawan UPBS Tabalong Dilindungi Program BPJAMSOSTEK

Sebarkan artikel ini
PESERTA - Ratusan relawan Unit Penanggulangan Bencana Swadaya Kabupaten Tabalong didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. (KP/Istimewa)

Tabalong, KP – Ratusan relawan Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) di Kabupaten Tabalong didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPBD Tabalong dengan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin di Pendopo Bersinar, Tabalong, Senin (9/10/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Tabalong, Haris Fakhrozi mengatakan, setidaknya ada 330 relawan yang didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Total yang akan kita daftarkan 330 relawan, sementara ini yang sudah didaftarkan ada 267. Tetapi sisanya akan kita lengkapi persyaratannya,” ujarnya.

Haris menambahkan, nantinya para relawan setelah menjadi peserta bakal mendapatkan dua layanan program BPJAMSOSTEK, yakni jaminan keselamatan kerja dan kematian.

“Ini berdasarkan peraturan daerah nomor 4 tahun 2022 yaitu ada kewajiban pemerintah daerah memberikan santunan bagi relawan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin, Murniati mengungkapkan, kemanfaatan untuk jaminan kecelakaan kerja yang didapat yaitu bebas dari biaya pengobatan.

“Tidak dibatasi biayanya, berapapun habisnya tetap wajib memberi pengobatan bagi relawan yang mengalami kecelakaan kerja di lokasi pekerjaan,” jelasnya.

Sedangkan jaminan kematian akan diberikan santunan berupa uang senilai Rp 42 juta untuk peserta yang meninggal diluar pekerjaan kepada ahli waris.

“Kalau saat bekerja ditotalkan dapat Rp 70 juta, ditambah beasiswa untuk dua anak maksimal Rp 174 juta,” terang Murniati. (Opq/KPO-1)

Iklan
Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan KC Tabalong-Balangan Serahkan Ratusan Juta Santunan Kematian
Iklan