Barito Putera Ditumbangkan PSS Sleman 1-2

SLEMAN, Kalimantanpost.com – Barito Putera ditumbangkan tuan rumah PSS Sleman 1-2 dalam pertandingan pekan ke-20 Liga 1 Indonesia 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (26/11/2023) sore.

Akibat kekalahan tersebut, tim Laskar Antasari tertahan di posisi 7 dengan poin 28 dari 20 kali main. Namun, posisi tim kebanggaan Urang Banjar ini kemungkinan akan turun bila tim di bawahnya seperti Persija, Persik dan PSM memetik kemenangan.

Sementara itu, bagi PSS Sleman sendiri dengan kemenangan tersebut membuat timnya menjauh dari zona merah dan menempati posisi 13 dengan poin 23.

Selain itu, PSS juga mengakhiri puasa 12 kali tak pernah menang dalam pertandingan sebelumnya.

Menghadapi PSS Sleman, pelatih Rahmad Darmawan menurunkan duet striker Gustavo Tocantins dan Murilo Mendez dibantu Mike Ott, Bagus Kahfi dan Aziz membantu serangan.

Sebagai gelandang bertahan ditempati gelandang bertahan Bayu Pradana, bek kanan Bagas Kaffa, bek kiri Frendy Saputra serta centre back Muhammad Firly dan Carli de Murge serta kiper Ega Rizki.

Duel antara Barito Putera melawan PSS Sleman pada babak pertama berlangsung dalam tempo sedang dan cukup keras. Itu terlihat seringnya terjadi benturan di mana PSS Sleman melakukan 10 kali pelanggaran, sedangkan Barito Putera 9 kali.

Hingga 30 menit pertama bola lebih banyak berputar di lini tengah.

Namun, Barito Putera kecolongan di menit 34 berawal pelanggaran dilakukan Murilo kepada Bayu Setiawan di sektor kiri. Esteban Vizcarra yang melakukan tendangan bebas memberikan umpan ke tiang jauh dan bola disundul Jihad Ayoub.

Walau pun bola berusaha ditepis kiper Ega Rizki, tapi si kulit bundar tetap meluncur ke gawang.

Setelah itu tempo permaInan mulai tinggi dan meningkat. Sebuah serangan dilakukan PSS, tapi sundulan Hokky Caraka masih melambung di atas mistar gawang.

Barito Putera pun melakukan respon dengan melakukan tusukan melalui Bagus Kaffa di menit 39. Walau pun sudah berhasil melepas diri dari kawalan Abduh Lestaluhu dan tinggal berhadapan dengan kiper Anthony Pinthus tapi tendangannya menyamping sebelah kanan.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan 1-0 bertahan untuk PSS Sleman.

Memasuki babak kedua, Abdul Aziz yang tidak ada kontribusinya diganti pemain senior Hasyim Kipuw untuk memperkuat gelandang bertahan.

Berita Lainnya
1 dari 116

Lalu, Mike Ott didorong lebih ke depan lagi untuk membantu serangan, sehingga permainan Barito Putera sedikit lebih hidup.

Di menit 49, tendangan bebas Hasyim Kipuw mampu diblok kiper PSS Slemena. Satu menit kemudian giliran Mike Ott yang menerima umpan Bagus Kahfi, tapi tendangannya masih ke samping kanan.

Asyik menyerang, Barito Putera sedikit lengah dalam pertahanan. Striker nasional, Hokky Caraka menusuk dari rusuk kiri tapi sepakan berhasil diblok kiper Ega Rizki di menit 54.

Melihat permainan lebih didominasi tim tamu, pelatih PSS Sleman Risto Vidakovic memasukan pemain anyarnya asal Burundi, Elvis Kamsoba, menggantikan Esteban Vizcarra untuk menambah daya gedor di menit 62

Pelatih Barito Putera, Rahmat Darmawan juga langsung memberikan respon dengan memasukkan Rizki Pora di menit 66 dengan mengganti Bagus Kahfi.

Permainan pun berlangsung cukup menarik dan silih berganti melakukan serangan.

Di menit 70, Abduh Lestaluhu memberikan umpan silang ke sebelah kiri. Hokky Caraka yang lepas dari kawalan pemain Barito Putera langsung melakukan tendangan keras melalui kaki kirinya dan gol.

Ketinggalan 0-2, Barito Putera memasukkan striker Eksel dan bek kiri, Buyung Ismu menggantikan Mike Ott dan Frendy Saputra di menit 71 serta Devid Silva di menit 76 menggantikan Gustavo Tocantins.

PSS Sleman nyaris memperbesar kemenangan, untungnya tendangan Ajak Chol Riak membentur tiang gawang Barito Putera.

Tim Laskar Antasari juga terus menekan. Upaya tersebut akhirnya membuahkan gol di menit 84. Berawal umpan pendek Buyung Ismu ke Murilo Mendez dan melakukan tendangan keras yang berhasil di blok kiper PSS, Anthony Pinthus. Bola rebound disambar Eksel Runtukahu dan gol.

Kedudukan 2-1 membuat Barito Putera semakin menekan, sehingga lini belakang sedikit lengah.

Akibatnya, sontekan Jihad Ayoub nyaris membuahkan gol untungnya hanya membentur mistar gawang.

Hingga babak.kedua berakhir, kedudukan tetap 2-1 untuk PSS Sleman.

Namun, usai pertandingan kapten tim Barito Putera, Rizky Pora melakukan protes ke wasit Gedion Dapaherang sehingga mengeluarkan kartu merah. Pemain dan official Laskar Antasari melakukan protes keras ke wasit. (ful/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya