Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Pemkab Tapin Singkronkan Tapal Batas 12 Kecamatan

×

Pemkab Tapin Singkronkan Tapal Batas 12 Kecamatan

Sebarkan artikel ini
SEKDA TAPIN - Dr Sufiansyah membuka ekspos Batas Kecamatan Se 12 Kecamatan se Tapin. (KP/Abdillah)

Rantau Kalimantanpost.com – Upaya mengsingkornisasi, batas kecamatan dan desa se Kabupaten Tapin, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin menggelar Ekspos Batas Kecamatan Se Kabupaten Tapin, Selasa (7/11/2023) bertempat Aula Tamasa Kantor Bupati Tapin.

Ekspos dibuka secara langsung oleh Penjabat Bupati Tapin diwakili Sekretaris Daerah Tapin Dr Sufiansyah. Dengan menghadirkan Nara sumber kepala Bagian Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel Maman Suherman SSos MSi dan Kepala Bagian Perintahan Setda Kab Tapin Padlianor.

Sebelum ekspos dimulai Sekda dalam sambutannya menyampaikan, bahwa proses batas Kabupaten Tapin adalah proses tahapan yang sangat panjang. 

“20 tahun yang lalu Batas Kabupaten Tapin hanya bertumpu pada garis Rupa Bumi Indonesia (RBI). Dalam berjalan waktu tahun 2018 baru ada kesepakatan di sebelah timur dan selatan dengan Kab Banjar sepanjang 136 kilometer,” jelas Sekda.

Kemudian tahun 2020 terjadi kesepakatan 2 wilayah pertama batas Tapin-Batola sepanjang 60 Kilometer dan Batas Tapin – Hulu Sungai Selatan sepanjang 116 kilometer.

Setelah semua Polygon batas Kabupaten Tapin baru berproses batas desa dan kelurahan di Kabupaten Tapin.

“Ekspos Batas 12 Kecamatan se Kabupaten Tapin sebagai langkah awal dan terdepan dalam rangka penataan batas kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan di Kabupaten Tapin,” ujarnya.

Melalui proses ekspos Batas Kecamatan ini, berharap banyak diskusi dan masukan dari semua pihak, khususnya para camat, lurah, dan Kepala Desa yang mempunyai wilayah masing-masing.

“Berharap melalui ekspose ini bisa menghasilkan kesepakatan yang berdasarkan dengan masukan semua pihak, baik itu para camat, lurah maupun kepala desa di wilayah masing-masing,” katanya.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Pemerintah Setda Tapin, Padlianor mengatakan, bahwa dalam ekspose batas  kecamatan untuk mensosialisasikan penegasan batas wilayah untuk diketahui,  karena titik koordinat di 12 kecamatan sudah diketahui begitupula desa dan kelurahan sudah selesai.

Baca Juga:  Anang Apresiasi Kemajuan Kecamatan Tanta

“Kami mencoba merangkum dalam sebuah berita acara untuk dibuat dalam sebuah peta dan disampaikan kepada camat dan kepala desa serta lurah di Kabupaten Tapin melalui Ekspos Batas Kecamatan Se Kab Tapin,” ujarnya.

Penegasan batas ini menggunakan kaidah-kaidah yang sudah ada aturan yang berlaku, jadi pemerintah daerah mengikuti aturan dalam menetapkan tapal batas.

“Berharap dengan telah di ekspos Batas kecamatan se Tapin ada kesepakatan dan ada pengesahan batas wilayah masing-masing,” katanya. (abd/K-6)

Iklan
Iklan