Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Hadiri Penyerahan DIPA dan TKD TA 2024, Ketua DPRD Kalsel Tekankan Percepatan Pembangunan Banua untuk Masyarakat

×

Hadiri Penyerahan DIPA dan TKD TA 2024, Ketua DPRD Kalsel Tekankan Percepatan Pembangunan Banua untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diapit Ketua DPRD Supian HK dan Kakanwil DJPb Provinsi Kalsel, saat menyerahkan DIPA dan TKD 2024 secara digital (Kalimantanpost.com/Repro Humas DPRD Kalsel)

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK, bersama Bupati dan Walikota se-Kalsel hadiri Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 di Aula H Idham Chalid, Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Jumat (1/12/2023) pagi.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel Syafriadi sampaikan pertumbuhan APBN Kalsel dalam kurun waktu Tahun 2022 hingga 30 Desember 2023.

Ia mengatakan, seiring perkembangan teknologi, Kalsel melesat 5,57 persen di Triwullan III Tahun 2023.

“Di tengah gejolak ekonomi global, instabilitas geo politik, dan kenaikan suku bunga, tekanan arus modal, serta el nino yang kalau dilihat di lapangan pertumbuhan ekonomi di Kalsel triwulan III-2023 masih tetap menujukkan pertumbuhan” ujarnya.

Realisasi APBN di Kalsel sampai dengan 30 November 2023 untuk pendapatan negara mencapai 106 Persen atau Rp 19,83 triliun dari pagu.

Untuk belanja negara sampai dengan 30 November 2023 Kalsel ada di angka 28,86 Triliun atau 89,17 persen.

Terdiri dari belanja kementerian lembaga yang ada sebesar 82 persen smeentara dari BKD 91,52 persen yang didominasi oleh BPBH, dengan yang tertinggi ada di Kabupaten Balangan.

H Sahbirin Noor Gubernur Kalsel menanggapi, penyerahan DIPA dan daftar alokasi TKD ini sangat penting guna acuan bagi para menteri, pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif pada 2024.

“Presiden juga menyampaikan pesan ke kepala daerah untuk serius memerhatikan pergerakan inflasi di daerah masing-masing secara detail dari waktu ke waktu, penurunan stunting serta mempercepat realisasi belanja,” paparnya.

Ditemui seusai acaranya, H Supian juga berpesan agar DIPA dan TKD T.A 2024 yang telah diserahterimakan dapat digunakan dengan efektif dan akuntabel untuk mengakselerasi pembangunan serta pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kalsel.

Baca Juga:  Supian HK Apresiasi Rakor Sekretaris DPRD se-Kalsel

“Setiap instansi pengelola dana APBD harus betul-betul memanfaatkan alokasi dana yang telah diberikan dalam rangka percepatan, pertumbuhan, dan pemerataan pembangunan di Kalsel,” ucap Politisi Golkar itu.

Dirinya juga menyebutkan, pemerintah daerah atau kelembagaan kerap kali mengeksekusi pekerjaan pada akhir tahun. Hal tersebut dianggap tak bagus dan harus segera diubah.

“Tentu saja ini perlu diubah mindset-nya supaya bisa dilaksanakan mulai awal tahun dan pelaksanaan pembangunannnya bisa segera dinikmati masyarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, diserahkan juga penghargaan kepada lembaga dan pemerintah atas kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2023.

Penghargaan kinerja pelaksaan anggaran K/L tahun 2023 kategori kecil diberikan kepada BKN, BPKP, dan BKN. Kategori sedang adalah BNN, BPOM, dan Kementerian Pertahanan.

Terakhir untuk penghargaan kinerja penyaluran dana transfer daerah tahun 2023 adalah KPPN Pelaihari, KPPN Banjarmasin dan KPPN Tanjung.

Sedangkan kinerja penyaluran KUR terbaik adalah Regional Office BRI Banjarmasin, Bank Kalsel dan Bank Syariah Indonesian Regional IX Kalimantan.

Dan kinerja penyaluran pembiayaan ultra mikro terbaik tahun ini diberikan kepada PT PNM Cabang Banjarmasin.(Nau/KPO-1)


Iklan
Iklan