Tingkatkan Kualitas Profesi Tenaga Pendidik BK Uniska Gelar Kuliah Tamu

Banjarmasin, KP – Dalam rangka mempersipakan tenaga pendidik yang berkualitas serta membantu peserta didik untuk memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan merealisasikan keputusan dirinya secara bertanggungjawab sehingga mencapai kesuksesan, kesejahteraan dan kebahagiaan dalam kehidupannya.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) menggelar Kuliah Tamu yang dilaksanakan, Rabu (29/11/2023).

Kaprodi BK Uniska Dr. Ani Wardah mengungkapkan kegiatan tersebut sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas serta wawasan bagi calon pendidik terutama seorang BK.

“Dalam perannya BK mengawal, menegakkan, dan mengembangkan bimbingan dan konseling sebagai ilmu pengetahuan (scientific) dan sebagai profesi yang dipercaya dan dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Berita Lainnya

Dalam kegiatan yang mengangkat tema ‘Eksistensi ABKIN sebagai Organisasi Profesi Bimbingan dan Konseling di Indonesia’, Dr Ani juga mengatakan bahwa ABKIN adalah organisasi profesi di Indonesia yang beranggotakan guru bimbingan dan konseling atau konselor, dosen bimbingan dan konseling di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, praktisi layanan bimbingan dan konseling, dan alumni bimbingan dan konseling yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

“ABKIN bertujuan memajukan bimbingan dan konseling sebagai ilmu dan profesi yang bermartabat dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Mempertinggi kesadaran, sikap dan kemampuan profesional konselor agar berhasilguna dan berdayaguna dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Dalam gelaran tersebut diikuti puluhan mahasiswa FKIP dari BK dengan menghadirkan sebagai pembicara Dr. Susi Fitri dari Universitas Begeri Jakarta yang merupakan Ketua Dept. Org, Lembaga Advokasi PB ABKIN.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut mampu menambah wawsan serta keilmuan bagi BK.


“Mudahan dalam kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan BK dimasyarakat,” pungkasnya. (fin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya