Refleksi 24 Tahun Kalimantan Post, Teruji !

MEMASUKI usia ke 24 tahun, Surat Kabar Harian Kalimantan Post menyaksikan banyak kenyataan pahit harus dialami industri media cetak tanah air yang satu persatu jatuh berguguran sejak 2021. Media cetak berusia 72 tahun sekelas Harian Bernas, Tabloid Bola yang telah berusia 34 tahun atau harian milik konglomerat sekelas Seputar Indonesia dan Republika pun tak mampu memiliki daya hidup dan nafas yang panjang.

Pemilik Kalimantan Post, HM Taufik Effendie bahkan kerap disebut “bos media gila” akibat keteguhannya untuk bertahan dengan satu alasan bahwa Kalimantan Post adalah produk sejarah Kalsel.

Dan beliau yakin bahwa digitalisasi tidak selamanya menguasai karena suatu hari nanti sensasi membaca dengan sentuhan “touch & feel” akan tetap dirindukan dan tak lekang oleh zaman.

Tren media cetak selalu datang dan pergi, namun keyakinan Taufik Effendie yang notabene pengusaha tulen bukan wartawan ini, benar adanya.

Kalimantan Post memilih untuk bertahan dan berbenah menggabungkan teknik cetak konvensional dan inovasi digital menandai hadirnya KalimantanPost.com.

Kekuatan Kalimantan Post terletak pada brand atau mereknya.

Lahir dengan nama awal “Dinamika Berita” kemudian berganti nama menjadi “Kalimantan Post” sejak 17 Januari 2000. Nama tersebut nyatanya sangat relevan dengan kondisi hari ini.

Ketika Pulau Kalimantan terpilih menjadi penyangga Nusantara sebagai Ibu Kota Negara (IKN), maka satu-satunya media yang mereknya tidak terbatas lingkup wilayah lokal saja adalah Kalimantan Post.

Cakupannya luas melebihi Kalsel bahkan dapat merangkul seluruh penjuru borneo hingga negara tetangga ASEAN.

Keniscayaan dalam genggaman membuat Kalimantan Post senantiasa berpikir cerdas beradaptasi dengan tantangan perubahan teknologi dan zaman.

Diusia ke 24, Kalimantan Post bagai gadis molek memandang Indonesia dan mancanegara dari zamrud khatulistiwa.

Kerja keras tak pernah membohongi hasil. Berkat kinerja dan kekompakan antara pimpinan dan segenap kru redaksi cetak dan online, Kalimantan Post hadir terdepan dalam mengabarkan peristiwa penting seputar Kalsel.

Dengan gagah berani tak takut resiko, awak berita KP membuktikan nyali untuk membongkar berita sindikat besar narkotika internasional.

Berita Lainnya

Gunung Gamalama Alami 14 Kali Gempa Vulkanik

1 dari 3,073

Kalimantan Post juga secara objektif menjadi corong pengawasan kinerja pemerintah daerah, bukan secara tendensius namun peduli agar pemimpin Kalsel tetap jujur dan amanah.

Salah satu contoh, laporan khusus Kinerja APBD Pemko Banjarmasin 2022-2023 di November 2023 telah mengisyaratkan sinyal pengingat akan terjadi paceklik keuangan jika tidak segera disikapi.

Inovasi dan kreativitas menjadi salah satu “jamu kuat’ Kalimantan Post dalam berdedikasi meski harus melawan arus dan trend.

Di tengah keterbatasan, kami memperluas jangkauan nasional dengan hadirnya Kantor Biro Jakarta lengkap dengan layanan digital marketing dan kehumasan.

Walhasil Kalimantan Post semakin eksis sebagai penyelenggara dan pendukung sejumlah event bergengsi salah satunya adalah Konser Kangen Lagu Banjar, Istighosah Banua Peringatan 26 Tahun Jumat Kelabu, MTQ Internasional yang melibatkan 9 negara serta Penobatan 50 Tokoh
Banua.

Meski momentum percetakan massal beroplah banyak telah berakhir, kami hadir secara pribadi melalui layanan E-Paper.

Konsumen pembaca kini semakin cerdas dan kamipun ingin lebih banyak interaksi aktif dengan mereka.

Terbukti redaksi semakin ramai dengan kunjungan tamu, mulai dari mahasiswa hingga pengusaha.

Mereka mengapresiasi kinerja dan semangat seluruh kerabat kerja yang tak kenal lelah dalam berkarya.

Menurut mereka, media online memang marak, namun kepercayaan publik terhadap hasil olahan berita cetak 80 persen lebih terpercaya dibanding media online yang sebagian besar juga banyak tercampur dengan hoax.

Mengapa ?, Karena memang tidak mudah meraih izin surat kabar harian, selain prasyarat yang panjang juga memerlukan “kegilaan” untuk bertahan.

Kami mensyukuri setiap detik waktu dan perubahan.

Atas nama segenap pimpinan dan manajemen PT Karya Banjar Sejahtera, kami haturkan terima kasih atas kebersamaan anda selama 24 tahun.

Kami selalu hadir untuk semua, bermakna nyata.(*/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya