Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Ini Target Rencana Pembangunan Kalteng di Tahun 2025

×

Ini Target Rencana Pembangunan Kalteng di Tahun 2025

Sebarkan artikel ini
Wagub Kalteng Edy Pratowo. (Kalimantanpost com/Antara)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com –
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo membuka Forum Perangkat Daerah Kalimantan Tengah tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng,di Kantor Bappedalitbang Kalteng, Senin (25/3/2024).

Gubernur Kalteng melalui Wagub Edy Pratowo menyatakan forum perangkat daerah ini adalah rangkaian dari tahapan perencanaan yang merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas Perangkat Daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Android

Hasil forum perangkat daerah ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi Tahun 2025 dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Provinsi menjadi rancangan RKPD Provinsi sebagai bahan klarifikasi dalam Musrenbang Provinsi, yang direncanakan pada tanggal 18 April 2024.

Dikatakannya penyusunan RKPD tahun 2025 mengacu pada dokumen RPJMD Provinsi Kalteng Tahun 2021 – 2026, dan mempedomani rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2025 yang mengusung tema untuk wilayah Kalimantan “Superhub Ekonomi Nusantara”.

“Untuk Kalteng sendiri mengusung tema Lumbung Pangan Nasional dan Pusat Konservasi Internasional, dimana peran provinsi dalam pencapaian jangka panjang wilayah untuk mengurangi kesenjangan dilaksanakan melalui transformasi” kata Wagub.

“Tema dan arah kebijakan ini sebagai acuan untuk memberikan panduan kepada pemerintah daerah dan menjaga kesinambungan pembangunan antar perencanaan Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional,” sambungnya.

Disebutkannya target RKPD Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2025, yaitu Laju Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5,60 persen Indonesia Blue Economy Indeks (IBEI) 20,25, Penurunan Intensitas Emisi GRK 76, Indeks Demokrasi Indonesia 60 – 80.

Untuk tingkat Kemiskinan 3,18 – 3,68 persen, Indeks Pembangunan Manusia yang sekarang menjadi Indeks Modal manusia 0,55 persen, tingkat Pengangguran Terbuka 3,3 – 4,0 persen; Indeks Ketimpangan Gender 0,49 persen, Indeks Gini 0,311 – 0,315.

Baca Juga:  Kalteng Siap Laksanakan Sensus Pertanian 2023

“Target kinerja pembangunan provinsi tersebut merupakan agregasi dan target kinerja pembangunan kabupaten/kota se Kalimantan Tengah,” sebutnya.

“Untuk mencapai target indikator tersebut, diperlukan upaya dan kerja keras kita semua dengan dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalteng, melalui sinergisitas, sinkronisasi dan harmonisasi program kegiatan pembangunan provinsi, kabupaten/kota baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendaliannya” tutup Wagub.

Diacara itu Kepala Bappedalitbang Kalteng Leonard S. Ampung menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama ldua) hari dari tanggal 25 – 26 Maret 2024, untuk rapat kelompok desk dibagi dalam tiga bidang dan pembahasan dilakukan per kabupaten/kota, dengan alokasi waktu diberikan 30 menit setiap kabupaten/kota pada tiap-tiap kelompok desk.

“Kelompok I bidang perekonomian, kelompok II infrastruktur dan kewilayahan, kelompok III bidang sosial budaya dan pemerintahan.
Dimana masing-masing desk untuk masing-masing kelompok pembahasan per masing-masing kabupaten/kota,” jelasnya.

Disampaikan pula garis besar hasil input usulan kegiatan sumber dana APBD Kalteng Tahun 2025 pada SIPD.go.id, yang akan dilakukan pembahasan pada desk masing-masing urusan yaitu sebagai berikut; hasil input Perangkat Daerah Kalteng jumlah usulan sub kegiatan sebanyak 2.938 usulan, dan hasil input Kabupaten/Kota jumlah usulan masuk 1.938 usulan.

“Sedangkan usulan pokok pikiran DPRD Provinsi Kalteng yang masuk diaplikasi saat ini berjumlah 150 usulan, ini masih akan ada penambahan, karena dijadwalkan untuk usulan pokir DPRD Provinsi, sampai dengan satu minggu sebelum Musrenbang Kalteng,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan ini, Sekda Kalteng Nuryakin, Plh Asisten Bidang Pemkesra Setda Kalteng Herson B. Aden, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kalteng, Kepala Bappeda dan Kadis terkait lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan