Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Cuaca Mendung, Hilal tak Terlihat di Banjarmasin

×

Cuaca Mendung, Hilal tak Terlihat di Banjarmasin

Sebarkan artikel ini
pemantauan yang dilakukan oleh Tim Hisab Rukyat Kalsel yang terdiri dari Tim Hisab Rukyat Kemenag Kalsel beserta Lajnah Falakiyah PWNU Kalsel yang dilaksankan di Rooftop Zury Expres Hotel Banjarmasin, Selasa (9/4/2024). (Kalimantanpost.com/Repro laman Kemenagkalsel)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Hisab Rukyat Kalsel yang terdiri dari Tim Hisab Rukyat Kemenag Kalsel beserta Lajnah Falakiyah PWNU Kalsel yang dilaksankan di Rooftop Zury Expres Hotel Banjarmasin, Selasa (9/4/2024) Hilal tidak terlihat karena cuaca mendung.

“Hasil dari pemantauan Hilal hari ini tetap akan kita laporkan ke Kemenag Pusat, sebagai salah satu pertimbangan keputusan penetuan awal Syawal Tahun 144 5 H pada Sidang Itsbat yang beberapa waktu lagi dilaksanakan di Kemenag RI di Jakarta,” kata Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr. H Muhammad Tambrin, MMPd usai mengikuti pemantauan hilal dikutif dari laman Kemenag Kalsel, Selasa (9/4) malam.

Oleh karena itu Tambrin mengajak seluruh masyarakat di Kalsel untuk bersama-sama mengikuti dan menunggu hasil Keputusan Pemerintah RI setelah dilaksanakannya Sidang Itsbat di Kemenag RI pada malam nanti.

“Jadi kita disini sudah melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal, selanjutnya kita menunggu hasil penetapannya oleh Pemerintah melalui Kemenag RI,” katanya.

Menurut Tambrin, Penetapan awal bulan Syawal selalu menyita perhatian umat Islam, khususnya di Indonesia, sehingga Kegiatan Hisab dan Rukyat merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari ketentuan dan penetepan awal bulan Hijriyah, khususnya awal bulan Syawal atau penentuan Hari Raya Idul Fitri.

Tambrin selanjutnya berharap semoga pelaksanaan Idul Fitri 1445 H tahun ini, umat muslim Indonesia dapat melaksanakannya dengan tertib, aman, damai, moderat dan berjiwa toleransi kebersamaan dan saling menghormati-menghormati antar sesama.

“Marilah kita jadikan momentum Idul Fitri 1445 H ini sebagai momentum untuk terus menebarkan kebaikan dan perdamaian antar sesama. Semoga Allah SWT Memberkahi Bangsa dan Negara Indonesia, serta senantiasa mendapat Ridho-Nya. Aamiin Allahumma Aamiin,” tutupnya.

Baca Juga:  Dosen UNISM Temukan Pengatur Air Pertanian Berbasis Android

Kegiatan Hisab Rukyat tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan Pemprov Kalsel, Pengadilan Tinggi Agama, Majelis Fatwa MUI Kalsel, Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsuddin Noor Banjarmasin Badan Meterologi, Klimotologi dan Geofisika, Perwakilan Lajnah Falakiyah PWNU Kalsel, Pengadilan Agama Kota Banjarmasin, Anggota Badan Hisab Rukyat ( BHR) Kalsel, Kantor Kemenag Kota Banjarmasin, Tim Hisab Rukyat Kemenag Kalsel. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan