Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Gubernur Kalteng Shalat Idul Fitri 1445 H di Bundaran Besar Palangka Raya

×

Gubernur Kalteng Shalat Idul Fitri 1445 H di Bundaran Besar Palangka Raya

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyerahkan hadiah lomba mobil hias takbir. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Bersama unsur Forkumpimda Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran didampingi istri Ivo Sugianto Sabran beserta keluarga mengikuti Salat Idul Fitri 1445 H di kawasan Bundaran Besar, Rabu (10/4/2024).

Agenda menyambut hari kemenangan umat Muslim itu juga diikuti jajaran Pemerintah Provinsi Kalteng warga Kota Palangka Raya dan tokoh masyarakat maupun pemuda, serta ibu-ibu.

Usai shalat Idul Fitri H Sugianto Sabran menyatakan rasa senangnya, karena setelah beberapa tahun selama pandemi Covid-19, dan pada tahun 2024 ini bisa kembali merayakan Idul Fitri dan open house di Istana Isen Mulang (IIM).

Ia menyatakan, atas nama pribadi dan keluarga, serta Pemerintah Provinsi Kalteng mengucapkan “Selamat Hari Raya Idulfitri 14454 Hijriah, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh masyarakat Kalteng yang merayakan.

“Semoga kita semua senantiasa mendapat keberkahan dari Allah SWT,” ucapnya.

Dijelaskannya, pesta demokrasi sudah berjalan dengan lancar dan tidak lama lagi presiden dan wakil presiden terpilih akan dilantik.

Harapannya, sesuai dengan motto Isen Mulang masyarakat Kalteng harus semangat, pantang mundur tetap membangun Kalteng dan mandiri membangun ekonomi, ketahanan pangan, infrastruktur dan lain sebagainya.

“Termasuk SDM, kesehatan dan lain-lain dengan dana kita sendiri. Insyaallah presiden terpilih akan tetap membantu membangun Kalteng. Contohnya food estate di Kabupaten Gunung Mas panen jagung berhasil,” jelasnya.

Dikemukakannya, Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan berupa kebijakan yang ada di daerah, termasuk food estate yang ada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas serta kabupaten lainya seperti Kotawaringin Timur, Barito Timur dan Barito Utara.

“Pemda terus memacu ketahanan pangan, sehingga Kalteng tidak terjadi inflasi,” tutup Gubernur.

Sementara itu, Wagub Kalteng H Edy Pratowo mengatakan, dengan kondisi bangsa dan negara saat ini yang kembali fitrah, ia mengajak untuk bersama-sama menyatukan hati, menyatukan niat dan menyatukan ikhtiar serta tekad untuk bersama-sama menjadikan momentum Idul Fitri 1445 Hijriyah ini sebagai tonggak awal, untuk membuka lembaran baru masa depan.

Baca Juga:  Pra PON Catur Putra Zona Kalimantan-Bali Resmi Ditutup

“Mari ‘merajut Ukhuwah Islamiyah Kalteng Berkah, Maju dan Bermartabat. Demi terwujudnya Kalteng Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis,” pintanya.

Wagub kembali mengajak semua menghadirkan sikap dan perilaku sebagai hamba Allah yang bertakwa, dalam tatanan kehidupan keluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara.

“Hilangkan segala rasa benci, dengki, iri, dendam, sombong dan rasa bangga dengan apa yang kita miliki hari ini” kata Wagub.

Di momen yang fitri itu Wagub mengajak untuk saling memaafkan, mempererat tali silaturrahim dan berbagi kebahagiaan dengan sesama, serta membawa semangat kebaikan dan kasih sayang ke dalam kehidupan sehari-hari.

”Semoga amal ibadah yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT, dan kita senantiasa diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam segala hal. Mari kita jaga kebersamaan, keharmonisan dan keberagaman kita sebagai bangsa yang besar,” tandasnya.

Usai rangkaian shalat Idul Fitri 1445 H, acara ditutup dengan penyerahan hadiah berupa tropy bergilir, tropy tetap dan uang pembinaan total Rp 50 juta untuk pemenang lomba mobil hias Pawai Takbiran, dan lomba Bedug Penampilan Hadrah.

Pada agenda itu hadir pula Sekda Kalteng H. Nuryakin, Wakil Ketua DPRD Abdul Razak, unsur Forkopimda Kalteng, Kemenag Kalteng, Kepala OPD lingkup Kalteng, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, dan masyarakat umum. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan