Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIALBANUA KITAPEMKAB TabalongTabalong

Jelajah Cagar Budaya Momen Tingkatkan Cinta Siswa

×

Jelajah Cagar Budaya Momen Tingkatkan Cinta Siswa

Sebarkan artikel ini
KEGIATAN - Jelajah cagar budaya Disdikbud Kalsel yang digelar di SMAN 1 Tanjung pada Selasa, 23 April 2024.

Tanjung, KP – Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Tabalong M Fitri Hernadi A.P M.Si menyambut baik jelajah cagar budaya yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan (Kalsel). Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi momen meningkatkan rasa kecintaan para siswa terhadap cagar budaya.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Sekretaris Daerah Tabalong, M Fitri Hernadi A.P M.Si membuka jelajah cagar budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel yang digelar di SMAN 1 Tanjung pada Selasa, 23 April 2024.

Fitri menjelaskan bahwa jelajah cagar budaya merupakan kegiatan positif yang mampu mengenalkan beragam cagar budaya yang ada di Kabupaten Tabalong khususnya bagi generasi muda. Ia pun berharap agar kegiatan ini dapat terus berkelanjutan dan dapat direplikasi oleh Disdikbud Tabalong sehingga dapat menyasar sekolah maupun masyarakat yang lebih luas.

“Nanti kita akan meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong untuk bagaimana nanti jelajah cagar budaya ini bisa menjadi sebuah kegiatan juga di Kabupaten Tabalong, kemudian juga kita punya tim ahli cagar budaya, jadi nanti Kabupaten Tabalong akan punya cagar budaya lain yang mungkin selama ini belum terpetakan, sehingga nanti masyarakat Tabalong, dan generasi muda Tabalong bisa tahu bagaimana sejarah Tabalong yang dulu agar menjadi bekal masa depan mereka untuk berjuang dan menjadikan Tabalong lebih baik,” ujar M. Fitri Hernadi, PJ Sekda Tabalong.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kalsel ini menambahkan bahwa kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan rasa kecintaan siswa dalam melestarikan cagar budaya yang ada di Tabalong.

Diketahui jelajah cagar budaya ini diikuti oleh 59 siswa SMAN 1 Tanjung dan 1 guru pendamping. Kegiatan ini diisi dengan pemberian materi oleh tim ahli cagar budaya Universitas Lambung Mangkurat mengenai dua objek cagar budaya yang ada di Tabalong, yaitu Masjid Pusaka Banua Lawas dan Makam Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari di Kelua. Tidak hanya mendapat materi di dalam kelas, para peserta pun diajak langsung mengunjungi dua cagar budaya tersebut. (ros/rel/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Upacara Peringatan HUT ke-62 Pramuka di HSS
Iklan