Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Tengah

Aulia Bersyukur HST kembali Raih WTP Ketiga Kalinya

×

Aulia Bersyukur HST kembali Raih WTP Ketiga Kalinya

Sebarkan artikel ini

BARABAI, Kalimantanpost.com -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST), kembali meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023.

Pencapaian Pemkab HST berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Kalimantan Selatan tersebut diterima langsung oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi saat penyerahan LHP LKPD di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (7/5/2024)

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalsel Rahmadi mengatakan pemeriksaan LKPD 2023 sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 dan UU Nomor 15 Tahun 2016, BPK RI telah melakukan pemeriksaan atas Laporan keuangan Tahun 2023 utuk 13 Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Dengan memperhatikan kriteria kesesuaian mengacu pada Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan bukti /dokumen pertanggungjawaban dan kelengkapan pengungkapan, kepatuhan Pemda terhadap Peraturan Perundang-undangan dan efektifitas pengendalian intern, hasil akhirnya disimpulkan opini diberikan dengan predikat WTP.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh BPK RI sesuai dengan kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan 12 Kabupaten /Kota lainnya telah disajikan secara wajar, sesuai SAP dan prinsip akuntansi sehingga diberikan predikat WTP,” kata Rahmadi.

Dengan opini WTP ini diharapkan Pemerintah Daerah terus bekerja keras dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah, sehingga dapat tercapai tatakelola keuangan daerah yang bersih, akuntabel dan transparan.

Rahmadi menambahkan, berkaitan dengan permasalahan-permasalahan hasil temuan BPK pada tahun 2023 Pemerintah Daerah terkait agar memberikan perhatian serius dengan segera menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan BPK melalui Laporan Hasil Pemeriksaan.

“Semoga apa yang kita capai bersama dapat bermanfaat bagi terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah,” tutup Rahmadi.

Baca Juga:  Cegah Banjir, Pemkab HST Bersama Masyarakat dan Relawan Bersihkan Sungai di Desa Masiraan

Sementara Bupati HST H Aulia Oktafiandi usai menerima penyerahan LHP LKPD tahun 2023 mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena HST dapat kembali meraih predikat WTP.

“Berkat kerjasama yang baik seluruh perangkat daerah dan elemen masyarakat, alhamdulillah Kabupaten HST sudah ketiga kalinya meraih WTP sejak pertama kalinya kami dilantik,” ucap Aulia.

“Semoga Pemkab HST bisa terus bisa mengelola keuangannya dengan profesional dan transparan dan bisa memberikan program yang output dan outcomenya membawa kesejahteraan masyarakat HST,” katanya.

LHP LKPD tersebut diserahkan langsung Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalsel Rahmadi kepada Bupati HST H Aulia Oktafiandi didampingi Ketua DPRD H Rachmadi, turut berhadir, Inspektur H Ainur Rafiq dan Kepala BPKAD Kabupaten HST. (ary/KPO-3)

Iklan
Iklan