Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Bimtek Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi

×

Bimtek Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi

Sebarkan artikel ini
PEMBUKAAN - Bimtek Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi di ikuti oleh semua Organisasi Perangkat Daerah Lingkungan Pemkab Tapin. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Persiapan penilaian mandiri atas pemenuhan sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) -Terintegrasi di seluruh organisasi Perangkat Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan kabupaten Tapin menggelar Asistensi Pelaksanaan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP-Terintegarasi Tahun 2024. Bertempat Meeting Room Galaxy Hotel Banjarmasin. Jumat (3/5/2024) kemarin.

Asistensi dibuka secara langsung oleh Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin diwakili Sekda Tapin Dr Sufiansyah. Sebagai Nara sumber pada kegiatan tersebut mengundang dari BPKP Kalsel selalu Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Oman Rochmana.

Sambutan tertulis Pj Bupati Tapin disampaikan Sekda Tapin Dr Sufiansyah bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari laporan hasil evaluasi atas penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi tahun 2023 pada Pemerintah Kabupaten Tapin.

“Asistensi penilaian Maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi ini menindaklanjuti penilaian yang sama pada tahun 2023 untuk dibuat kembali pada tahun 2024 sesuai dengan saran dan masukan BPKP Perwakilan Kalsel,” ujar Sekda.

Dimana dalam laporan tersebut ada beberapa catatan penting yang harus tindaklanjuti yaitu diantaranya, SPIP  kualitas sasaran strategis belum sepenuhnya berorientasi hasil dan Indikator kinerja tingkat pemerintah daerah dan tingkat OPD belum cukup mengukur sasaran yang akan dicapai serta Alokasi anggaran dan SDM kurang memadai dalam pemahaman terhadap manajemen resiko pemda dan OPD.

Oleh karena itu dalam kegiatan asistensi ini, akan mendapatkan pendampingan dari tim narasumber BPKP Perwakilan Kalimantan selatan dalam rangka menindaklanjuti saran dan masukan untuk tindaklanjut dan perbaikan SPIP-Terintegrasi.

“Sehingga nantinya seluruh OPD mampu melaksanakan Maturitas SPIP-Terintegrasi dengan baik dalam proses perencanaan dan Anggaran APBD Kabupaten Tapin,” tandasnya.

Sekali lagi saya meminta kepada semua peserta untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, jadikan pengetahuan yang diterima sebagai bahan kita untuk melaksanakan kinerja yang lebih profesional dan berintegritas. 

Baca Juga:  Tampil Talkshow BKSDN Kemendagri, Sampaikan Potensi Inovasi Daerah 

Sementara Kepala Bappelitbang Meidy Haris Prayoga melaporkan, kegiatan bimtek ini didasari bahwa Pemerintah Kabupaten Tapin sedang dalam rangkaian proses pelaksanaan penyusunan SPIP Terintegrasi tahun 2024 yang mana batas akhir rangkaian pelaporan terjadwal pada bulan agustus 2024.

“Jadi bimtek ini di gelar bagaimana OPD melakukan penilaian mandiri atas pemenuhan SPIP- Terintegrasi bagi seluruh organisasi perangkat daerah di Kabupaten Tapin,” katanya.

Adapun pelaksanaan bimtek berlangsung selama dua hari 3-4 Mei 2024 bertempat Meeting Room Hotel Galaxy Banjarmasin.

Peserta bimbingan teknis terdiri dari, kepala bagian,  sekeretaris badan,dinas, dan kecamatan, kasubag perencanaan badan, dinas dan kecamatan, irban beserta tim evaluator dan Asessor pemda dan tim penilaian mandiri. 

Berharap semua peserta bisa membuat proses pelaporan penilaian mandiri dan penjaminan kualitas telah sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. (abd/K-6)

Iklan
Iklan