Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Bitahan Baru Menuju Proklim Lestari 2024

×

Bitahan Baru Menuju Proklim Lestari 2024

Sebarkan artikel ini
TIM - Verifikasi lapangan melakukan penilaian Proklim Desa Bitahan Baru untuk menuju Proklim Lestari 2024. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan pembinaan program kampung iklim, dan menunjuk Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat Sebagai Calon Proklim Lestari Tahun 2024. 

Kamis (30/5/2024) bertempat Desa Bitahan Baru Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Tapin Ir H Nordin MS menyambut kunjungan tim verifikasi lapangan Proklim Lestasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin Ir H Nordin MS, mengatakan, program kampung iklim kita masukkan di semua desa di Kabupaten Tapin dengan secara bertahap, kita ingin semua desa masuk dalam program kampung iklim. Untuk kali ini pemerintah Kabupaten Tapin mengandalkan Desa Bitahan Baru Jadikan Proklim Lestari 2024 untuk diverifikasi lapangan.

“Hari ini kita langsung di datangi tim verifikasi lapangan untuk Proklim Lestari 2024, dengan harapan program kampung iklim Desa Bitahan Baru sesuai dengan harapan kita bersama menjadi Proklim Lestari,” ujarnya.

Dikatakan Nordin bahwa salah satu wujud nyata komitmen kita adalah adanya program kampung iklim (Proklim) yang bertujuan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim serta mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim yang terjadi saat ini, karena ini akan berdampak pada lingkungan alam juga aspek 

Sementara itu Feri Januar Faizal General Manager PT.BRE, mengatakan pihaknya sudah melaksanakan program kemitraan kampung iklim sejak tahun 2022 dan sejak tahun 2022 banyak bantuan CSR yang diberikan, salah satunya pembangunan agro wisata, pembangunan sumur bor dan fasilitas air bersih dan program penghijauan.

“Sejak tahun 2022 sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan untuk melengkapi program kampung iklim, diantaranya seperti pengadaan solar cel, tempat sampah dengan total sekitar Rp.850 juta ditahun 2024,” bebernya.

Baca Juga:  Turdes Insting, Pj Bupati Ingatkan Bahaya Narkoba

Untuk mendukung program kampung iklim Desa Bitahan Baru ini kita akan  terus berlanjut untuk program berkelanjutan bersama 10 desa Binaan lainnya,

Berharap Desa Bitahan Baru masuk sebagai Proklim Lestari 2024 setelah dilakukan verifikasi lapangan ini.

Tim teknis proklim, M Ardiansyah mengatakan, kedatangan ke Desa Bitahan Baru dalam rangka melihat langsung apa yang sudah dilakukan oleh pihak desa hingga mitra proklim dalam mendukung program kampung iklim. 

“Diantaranya kegiatan penghijauan, pengelolaan sampah, pertanian terpadu dan upaya – upaya lainnya, sebagai upaya penanganan perubahan iklim di tingkat lokal,” katanya.

Turut hadir mendampingi kedatangan tim verikasi lapangan, Pimpinan Muspida Kecamatan Lokpaikat, Kepala Desa Bitahan Baru, Jajaran Dinas Lingkungan Hidup serta aparat Desa Bitahan Baru Kec Lokpaikat. (abd/K-6)

Iklan
Iklan