Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Tengah

Lomba Posyandu Tingkat Prov Kalsel Posyandu Tunas Harapan Wakili HST

×

Lomba Posyandu Tingkat Prov Kalsel Posyandu Tunas Harapan Wakili HST

Sebarkan artikel ini
KP/Ary

Barabai, KP – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan untuk masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Selasa (21/05/2024) Posyandu Tunas Harapan Desa Hantakan mengikuti verifikasi lapangan posyandu tingkat provinsi kalimantan selatan tahun 2024 mewakili Kabupaten HST, yang dihadiri Ketua Bidang I TP PKK HST, Tim Penilai Verifikasi Lapangan Tingkat Provinsi Kalsel, Para Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab HST, Camat Hantakan dan Pembakal Desa Hantakan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Nurul Ahdani menyampaikan beberapa kriteria dalam penilaian posyandu diantaranya yaitu tahapan input, proses dan output, ditambah lagi dengan inovasi posyandu.

“Tahapan input berupa dukungan kebijakan, SK posyandu dan tim pokjanal dari Kabupaten/Kecamatan/Desa, Gedung, sarana dan prasarana, serta pembiayaan, proses yang meliputi pelatihan kader, pembinaan dari tim pokjanal dan rencana kerja, sementara output berupa jenis layanan, cakupan program dan capaian kinerja posyandu.” Jelasnya.

“Kegiatan Posyandu tingkat RT/RW akan lebih efektif karena melaksanakan pelayanan untuk seluruh sasaran siklus hidup mulai dari ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, usia produktif dan lansia secara terpadu dan terintegrasi yang diperkuat kunjungan rumah oleh kader secara rutin dan terencana,” Tambahnya.

Ia berharap lomba ini dapat menjadikan posyandu ini sebagai model atau contoh bagi posyandu lainnya, sehingga apa yang sudah diupayakan oleh desa bersama posyandu dan elemen lainnya akan membuahkan hasil yang baik, tidak hanya prestasi tapi juga budaya berperilaku hidup bersih dan sehat yang akan diteruskan ke generasi berikutnya.

Baca Juga:  Annisah Hadiri Gerakan Makan Ikan Bersama Siswa PAUD

Sementara Kepala Dinas Kesehatan HST Dr Desfi Delfiana Fahmi menyebutkan ada beberapa inovasi di posyandu ini, diantaranya Sahabat ASI yaitu pendamping ASI eksklusif yang merupakan kerjasama dengan TP PKK HST dan Suling Bambu berupa story telling dukung gerakan posyandu bekerjasama dengan dinas perpustakaan dan beberapa inovasi lainnya yang sudah dilaksanakan di posyandu ini.

“Mudah-mudahan kami bisa memberikan yang terbaik untuk posyandu dan kader kita, dan harapan kami semoga bisa menjadi juara dalam Penilaian Lomba Posyandu dan Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini.” Harapnya. (ary/K-6)

Iklan
Iklan