Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BalanganBANUA KITA

Bupati Buka Festival Budaya Meratus

×

Bupati Buka Festival Budaya Meratus

Sebarkan artikel ini
BUPATI BALANGAN - Didampingi Hj Sri Huriyati saat hadiri acara Festival Budaya Meratus 2024, di Desa Kapul Halong. (KP/Srd)

Balangan, KP – Bupati Balangan H Abdul Hadi buka Festival Budaya Meratus (FBM) 2024 yang digelar di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Jumat (24/05/2024) kemarin. Kegiatan berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai pertunjukan budaya adat asli suku Dayak setempat. Diawali dengan prosesi “Tapung Tawar” oleh Kepala Adat Dayak Halong, Gupen, kemudian disusul dengan penampilan tari dari Sanggar Seni Wadian Tambai.

Di ajang Festival Budaya Meratus (FBM) 2024 ini disediakan berbagai cendera mata, salah satunya Anyaman Tirik Pambelum yang merupakan sulapan tangan dan ciri khas dari warga Desa Kapul.

Bupati Balangan H Abdul Hadi yang hadir. didampingi Ketua TP PKK Balangan Hj Sri Huriyati sangat mengapresiasi festival budaya Meratus sangat meriah, masyarakat yang turut berpartisipasi pada gelaran festival mencakup semua golongan usia, dari yang tua, muda sampai dengan anak-anak.

Menurutnya, partisipasi semua golongan usia baik yang tua, muda bahkan anak-anak ini merupakan langkah strategis untuk menjaga keberlanjutan dan kelestarian adat. 

“Kalangan muda itu yang akan melanjutkan di masa-masa mendatang dan insya allah mereka akan mewariskan pula kepada generasi berikutnya,” ujarnya.

Abdul Hadi mengatakan bahwa sekarang ini banyak anak muda lupa akan adat budayanya karena pengaruh perkembangan zaman. Lewat festival ini generasi muda dapat belajar tentang adat budayanya agar adat budaya itu sendiri terus lestari, berkembang dan bertahan ditengah gerusan perkembangan zaman.

“Saya lihat ada berbagai pertunjukan yang digelar yang dapat membuat generasi muda tahu budaya yang belum diketahui. Mudah-mudahan kedepan semakin lestari budaya meratus,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Adat Dayak Halong, Gupen mengungkapkan kegiatan yang berlangsung dari 24 hingga 26 Mei 2024 itu cukup menarik perhatian warga dari berbagai penjuru daerah. Pasalnya, selain festival budaya, perhelatan ini juga melibatkan masyarakat luas dengan merangkul sejumlah pelaku UMKM untuk memeriahkan acara.

Baca Juga:  Jadi Syarat Terima Hibah Disnakkeswan Tala Dorong Kelompok Tani Tingkatkan Kemampuan Kelola Ternak

“Pada kegiatan ini kami mengganding sejumlah sanggar seni dan pelaku seni untuk menyuguhkan pentas kreatif,” imbuhnya.

Tak lupa juga merangkul sejumlah pelaku UMKM untuk memeriahkan acara. (srd/K-6)

Iklan
Iklan