Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Disdik Kalteng Sebut Dapodik Versi Terbaru Meminimalisasi Kesalahan Proses Penerimaan Siswa Baru

×

Disdik Kalteng Sebut Dapodik Versi Terbaru Meminimalisasi Kesalahan Proses Penerimaan Siswa Baru

Sebarkan artikel ini
Penutupan kegiatan Bimtek Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2024, di Palangka Raya, Kamis (23/5/2024) malam. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Data dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) akan sangat berperan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), terutama terkait dengan input alamat tempat tinggal siswa, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan memastikan keakuratan data yang dibutuhkan.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Muhammad Reza Prabowo yang diwakili oleh Kepala Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Hana Pertiwi menutup kegiatan Bimtek Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2024, di Palangka Raya, Kamis (23/5/2024) malam.

“Dengan versi terbaru ini, diharapkan layanan pendidikan meningkat melalui penyajian data yang valid. Tentulah ini bukan hanya tanggung jawab operator Dapodik saja melainkan perlu ditumbuhkan sinergi bersama kepala sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mewujudkan potret pendidikan yang lebih baik,” papar Hana Pertiwi.

Dia juga menjelaskan Bimtek bertujuan untuk meningkatkan sistem pengumpulan dan penyimpanan data pendidikan yang efisien.

Juga untuk mengkoordinasikan pengumpulan data dari satuan pendidikan, serta memberikan informasi aktif dan bimbingan teknis kepada operator sekolah dalam memperbarui data pada aplikasi Dapodik.

Disebutkan, versi terbaru Dapodik diharapkan dapat mengatasi masalah ketidakselarasan data kerusakan sarana dan prasarana, yang selama ini mempengaruhi perhitungan anggaran rehabilitasi.

Dengan data yang lebih akurat dan selaras, perencanaan anggaran untuk perbaikan fasilitas pendidikan akan menjadi lebih tepat sasaran.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek, I Ketut Wisnu Putra melaporkan seluruh materi Bimtek, termasuk teori dan praktek, telah disampaikan dengan baik oleh tujuh narasumber dan empat moderator.

“Kami harap Bimtek dapat meningkatkan kinerja operator dalam menjaga kualitas data pendidikan yang akurat, valid, dan mutakhir,” tandasnya. (drt/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  DPRD Kobar Konsultasikan peningkatan Bandara Iskandar Pangkalan Bun ke Bappedalitbang Kalteng
Iklan