Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Jalan Lastrada Sungai Andai Tembus Handil Bakti Dilebarkan

×

Jalan Lastrada Sungai Andai Tembus Handil Bakti Dilebarkan

Sebarkan artikel ini
JALAN LASTRADA- Jalan Lastrada Kelurahan Sungai Andai sebagai jalan alternatif yang menghubungkan dengan Kabupaten Barito yang kini tengah dilakukan pekerjaan pelebaran. (KP/Amir)

Pelebaran jalan sepanjang sekitar 2 kilometer, warga yang tinggal Komplek Griya Permata Handil Bakti Barito Kuala menuju Banjarmasin

BANJARMASIN, KP – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banjarmasin akhirnya melaksanakan perbaikan Jalan Lastrada Kelurahan Sungai Andai.

Selain perbaikan jalan yang semula dalam kondisi rusak dengan lebar sekitar 2 meter itu dilakukan pelebaran.

Dari pantauan {KP}, perbaikan sekaligus jalan yang menghubungkan wilayah Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala itu sudah berlangsung dalam sebulan terakhir ini.

Dengan dilaksanakannya pelebaran jalan sepanjang sekitar 2 kilometer tersebut, warga yang tinggal Komplek Griya Permata Handil Bakti Barito Kuala menuju Banjarmasin atau sebaliknya lebih mudah dan cepat.

“ Dari Komplek Griya Permata Handil Bakti menuju Kelurahan Sungai Andai melewati Jalan Lakstrada ini hanya sekitar 20 menit,” kata Adul yang tinggal di ujung Jalan Lastrada kepada {KP} Sabtu (11/5/2024)

Sebelumnya komisi III DPRD Kota Banjarmasin meminta agar Pemko meningkatkan kualitas ruas Jalan Lastrada tersebut.

Menurut anggota komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaini meski jalan itu berada di daerah pinggiran, namun keberadaannya cukup vital karena sebagai jalan alternatif menghubungkan antara wilayah Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala.

Ia mengatakan, sebagai bagian dari wilayah Pemerintah Kota Banjarmasin, maka sangatlah tidak layak bila kondisi jalan yang mengalami kerusakan dibiarkan.

“ Apalagi banyak warga yang tinggal di kawasan tersebut sudah puluhan tahun mengharapkan perbaikan,” ujarnya.

Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banjarmasin tahun 2024 ini merencanakan pembangunan, peningkatan serta pemeliharaan puluhan jalan dan jembatan.

“ Untuk pembangunan jembatan atau peningkatan jembatan, baik besar maupun kecil pada tahun 2024 direncanakan sebanyak 22 titik,” kata Kepala DPUPR Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah

Baca Juga:  Masyarakat Belum Jadi Peserta BPJS Segera Didata

Suri Sudarmadiyah menjelaskan, perbaikan jembatan awalnya terbuat dari kayu Ulin ini dilaksanakan secara lebih permanen dengan sistem cor beton.

Pada tahun ini DPUPR juga memastikan untuk merealisasikan pembangunan jembatan Sungai Jingah – Sungai Mesa yang akan membentang di atas Sungai Martapura.

“ Selain itu dalam tahun ini kita akan membangun jembatan yang akan menghubungkan Kelurahan Sungai Andai dengan Jalan Cemara Ujung,” ujarnya.

Menyinggung perbaikan jalan Suri Sudarmadiyah mengungkapkan, diantaranya akan dilaksanakannya pelebaran Jalan Padat Karya Sungai Andai untuk mengatasi kepadatan kendaraan di kawasan tersebut. (nid/K-3)

Iklan
Iklan