Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIALBANUA KITAPEMKAB TabalongTabalong

Pj Bupati Tabalong: “Tingkatkan Keterampilan, Kader Posyandu Harus Meningkatkan pengetahuan dan kapasitasnya”

×

Pj Bupati Tabalong: “Tingkatkan Keterampilan, Kader Posyandu Harus Meningkatkan pengetahuan dan kapasitasnya”

Sebarkan artikel ini
PENILAIAN POSYANDU - Tingkat Provinsi Tahun 2024 di Desa Manduin, belum lama tadi. (KP/Ros)

Tanjung, KP – Persiapkan diri hadapi lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tingkat provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), para kader agar terus meningkatkan pengetahuan dan kapasitasnya, sebagai upaya meningkatkan keterampilan agar peran ke depan lebih baik.

Hal itu, diungkapkan Pj. Bupati Tabalong Hj Hamida Munawarah ST MT, di acara Penilaian Posyandu Tingkat Provinsi Tahun 2024 di Desa Manduin, belum lama tadi.

Menurut Hamida, agar lebih baik kapasitas Kader perlu terus ditingkatkan, “sehubungan dengan kegiatan lomba Posyandu tingkat provinsi ini, saya harapkan kader Posyandu dapat terus meningkatkan pengetahuan dan kapasitasnya sebagai upaya peningkatan keterampilan kader agar kedepannya dapat berperan lebih baik lagi dalam mengelola Posyandu di masyarakat,” ujarnya.

“Para kader Posyandu merupakan garda terdepan dalam meneruskan dan menyampaikan informasi program- program kesehatan dari pemerintah kepada masyarakat dan ini juga merupakan kekuatan yang luar biasa,” ungkap Hamida.

Sebelumnya, Pj. Bupati Tabalong ini menjelaskan bahwa Posyandu merupakan salah satu target dalam pelaksanaan integrasi pelayanan kesehatan primer dalam melaksanakan upaya promotif dan preventif serta membantu dalam identifikasi masalah kesehatan di tingkat keluarga. “Hingga saat ini Posyandu masih menjadi sarana penting di lingkup masyarakat yang mendukung upaya pencapaian Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi), membantu penurunan angka kematian bayi dan kelahiran, serta mempercepat penerimaan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS),” ujarnya.

“Sesuai dengan misi Kabupaten Tabalong Tahun 2019-2024 yakni menuju kabupaten yang lebih agamis, sejahtera dan mandiri, maka salah satu program yang dilaksanakan adalah aksesibilitas pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas, termasuk di dalamnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat mulai dari anak usia dini, ibu hamil sampai masyarakat lanjut usia (lansia), terlebih lagi pada saat ini penurunan angka stunting merupakan salah satu program prioritas nasional, dimana Posyandu merupakan garda terdepan dan ujung tombak dalam upaya penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Tabalong,” terang Hamida.

Baca Juga:  Delapan Mobil Damkar HSS Dukung Ketersedian Air Bersih Jamaah Sekumpul 

Diungkapkannya, pada tahun 2023 Kabupaten Tabalong meraih penghargaan terbaik pertama dalam kinerja percepatan penurunan stunting tingkat Provinsi Kalsel, yang tidak lepas dari peran Posyandu. “Karena itu saya merasa bangga dengan para kader Posyandu serta lintas sektor terkait yang telah berkontribusi membangun dan membina Posyandu dengan baik,” ujarnya.

“Melalui kesempatan ini saya ingin mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Tim Penilai, para kader, dan seluruh pihak yang telah memberikan dedikasi dan kontribusinya dalam penyelenggaraan Posyandu ini,” ujar Hamida, seraya mengungkapkan bahwa kehadiran tim penilai sungguh memberikan semangat dan motivasi tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan ibu dan anak.

Selebihnya, Hamida mengungkapkan bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya memberikan perhatian terhadap peningkatan kinerja Posyandu dan para kader Posyandu karena betapa penting dan strategisnya peran dan fungsi Posyandu dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). (ros/K-6)

Iklan
Iklan