Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Ratusan Kader Meriahkan Jambore Kader Posyandu Se Tapin

×

Ratusan Kader Meriahkan Jambore Kader Posyandu Se Tapin

Sebarkan artikel ini
PEMBUKAAN - Jambore Kader Posyandu Se Kabupaten Tapin sekaligus menjadi juri pada lembaga masakan menu PMT posyandu balita berbasis pangan lokal. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan kader posyandu, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggelar lomba di kemas dalam Jambore Kader Posyando. Senin (27/5/2024) bertempat di Pendopo Galuh Bastari Rantau.

Jambore Kader Posyandu dikuti ratusan kader posyandu se Kabupaten Tapin dibuka secara resmi oleh Penjabat Ketua PKK Tapin Masrupah.

Dalam sambutan Penjabat Ketua PKK Kabupaten Tapin Masrupah kegiata lomba kader posyandu bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur kemampuan kader dalam melaksanakan pelayanan Posyandu. 

“Jambore kader Posyandu di gelar untuk memotivasi dan memberikan semangat serta sebagai ajang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam setiap kader posyandu,“ katanya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa  posyandu memiliki peran yang sangat penting di masyarakat pedesaan,  khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, ibu memiliki balita serta pengetahuan terhadap stunting.

Keberadaan Posyandu di desa yang tumbuh dan berkembang melalui prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat. Diharapkan sebagai wadah yang mampu memberikan pelayanan kesehatan dan sosial dasar.

“Posyandu sebagai perwujudan dari masyarakat, perlu dukungan dari semua pihak, terutama PKK dari tingkat Kabupaten sampai Desa sangat diperlukan,“ katanya.

Dengan adanya lomba ini sebagai bentuk penghargaan kepada para kader atas prestasinya terhadap pengelolaan posyandu serta memberikan kesempatan bagi para kader untuk saling berbagi pengalaman.

Sementara Pj Bupati Tapin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin, H Sufiansyah mengatakan,  penyambut baik digelarnya jambore kader posyandu diikuti seluruh kader posyandu Se Kabupaten Tapin.

“Kita ingin para kader dapat selalu terampil dan memiliki kemampuan khususnya saat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di Desa,” katanya.

Jambore kader ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan, khususnya di bidang kesehatan. Pasalnya, kemampuan hidup sehat setiap individu tentu menjadi faktor utama dalam mewujudkan pembangunan dari segala aspek secara menyeluruh.

Baca Juga:  Sekda Tapin : Pencanangan WBK dan WBBM Jangan Hanya Serimonial 

“Dengan mengikuti lomba ini bisa menambah pengalaman dan memacu semangatnya untuk membantu masyarakat dalam layanan kesehatan, khususnya bagi ibu memiliki balita, ibu hamil, menyusui dan pengunjung posyandu,” ujarnya.

Semoga lomba ini dapat melahirkan para kader yang berkompeten dengan segala inovasi dan kreasi, sehingga nantinya akan muncul  kader yang akan mewakili Kabupaten Tapin di tingkat provinsi,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tapin, Alfian Yusuf melaporkan lomba jambore kader posyandu tingkat Kabupaten Tapin tidak lain untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat agar dapat mengedepankan semangat preventif dan promotif dengan berprilaku sehat dalam meningkatkan kualitas hidup. 

“Lomba kader posyandu lomba ini sebagai bentuk penghargaan kepada para kader atas prestasinya terhadap pengelolaan posyandu serta memberikan kesempatan bagi para kader untuk saling berbagi pengalaman,” ujarnya.

Adapun Untuk lomba sendiri yakni, menyusun dan menyajikan menu PMT posyandu balita berbasis pangan lokal dalam pencegahan stunting, penyuluhan kesehatan gerakan masyarakat hidup sehat, mengisi KMS/ buku kia dan penimbangan balita, Cerdas Cermat dan Penampilan kontingen dan yel – yel. (abd/K-6)

Iklan
Iklan