Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Singkirkan PSG, Borussia Dortmund Melaju ke Final Liga Champions

×

Singkirkan PSG, Borussia Dortmund Melaju ke Final Liga Champions

Sebarkan artikel ini
Pemain belakang Dortmund Mats Hummels menyundul bola untuk menaklukkan kiper Paris Saint-Germain Gianluigi Donnarumma dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, 7 Mei 2024. (Kalimantanpost.com/AFP/Antara)

PARIS, Kalimantanpost.com – Borussia Dortmund melaju ke partai final Liga Champions seusai menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) setelah menang 1-0 pada leg kedua semifinal di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (8/5/2024) dini hari WIB.

Pada pertandingan ini, kemenangan skuad asuhan Edin Terzic hadir berkat gol semata wayang yang dicetak oleh Mats Hummels menit 50, demikian catatan UEFA.

Secara agregat Borussia Dortmund menang dengan skor 2-0 setelah pada leg pertama mereka berhasil menaklukkan Les Parisiens 1-0 di Signal Iduna Park, Dortmund, pekan lalu.

Selanjutnya Borussia Dortmund akan menghadapi Real Madrid atau Bayern Muenchen pada partai final Liga Champions yang rencananya akan dihelat di Stadion Wembley, London, 2 Juni 2024 mendatang.

Secara statistik PSG mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 67 persen penguasaan bola serta melepaskan lima tendangan tepat sasaran, namun Dortmund dapat tampil disiplin serta memaksimalkan peluang yang dimiliki.

PSG langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan ini, namun Dortmund yang memiliki peluang terlebih dahulu melalui sundulan Niclas Fuellkrug yang masih dapat diamankan kiper Gianluigi Donnarumma.

Selanjutnya giliran PSG yang memiliki peluang lewat Goncalo Ramos setelah menerima umpan Achraf Hakimi, namun tendangannya dapat diamankan kiper Dortmund Gregor Kobel.

Dortmund kembali memberikan ancaman melalui pergerakan cepat Karim Adeyemi yang selanjutnya melepaskan tendangan, beruntung dapat dihalau Donnarumma.

Jual beli serangan terus terjadi, kali ini PSG menciptakan peluang lewat tendangan jarak jauh Vitinha dari luar kotak penalti, namun bola masih mengarah tepat ke pelukan Kobel. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, PSG memiliki peluang emas untuk mencuri keunggulan, namun tendangan Warren Zaire Emery masih membentur tiang gawang Dortmund.

Baca Juga:  RDP FC Juara Fun Futsal League 3

Di sisi lain, Dortmund mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu setelah umpan sepak pojok Julian Brandt dapat disambut sundulan Mats Hummels yang berbuah gol sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 50.

Tertinggal, PSG semakin gencar menggempur lini pertahanan Dortmund dan memberikan ancaman lewat tendangan Nuno Mendes yang masih membentur tiang gawang.

Selanjutnya giliran Kylian Mbappe yang menciptakan peluang untuk PSG, namun dua kali tendangan yang ia lepaskan menyamping dan membentur mistar gawang.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Vitinha menciptakan peluang untuk membuat PSG setidaknya menyamakan kedudukan, akan tetapi tendangannya masih membentur mistar gawang dan skor 1-0 untuk kemenangan tim tamu tetap bertahan hingga pertandingan berakhir.

Pelatih Paris Saint-Germain (PSG) Luis Enrique mengakui timnya kurang beruntung setelah disingkirkan Borussia Dortmund pada babak semifinal Liga Champions, Rabu dini hari WIB.

Dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu, Enrique menjelaskan timnya sudah melakukan berbagai upaya untuk keluar sebagai pemenang, namun tak ada upaya mereka yang membuahkan hasil.

“Sejujurnya, saya pikir kami pantas memenangkan pertandingan ini. Kami menciptakan 31 tembakan, membentur tiang gawang sebanyak empat kali. Dalam dua pertandingan, kami membentur tiang gawang sebanyak enam kali namun tidak mencetak gol,” ungkap Enrique.

“Sepak bola terkadang sangat tidak adil. Selamat untuk Dortmund. Mereka adalah tim yang hebat. Saya berharap mereka bisa pergi dan memenangkan final,” sambungnya. (Ant/KPO-3)

Iklan
Iklan