Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Tanam 9 Jenis Bibit Buah DPRKPLH Tala Ingin Masyarakat Kelak Nikmati Hasilnya

×

Tanam 9 Jenis Bibit Buah DPRKPLH Tala Ingin Masyarakat Kelak Nikmati Hasilnya

Sebarkan artikel ini

Pelaihari, KP – Aksi menanam pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan bukanlah hal baru bagi Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tanah Laut (Tala). Namun, DPRKPLH rupanya bukan hanya menanam bibit pohon biasa saja, melainkan juga bibit yang kelak dapat menghasilkan buah.

Terbaru, DPRKPLH Tala melakukan penanaman sebanyak 30 bibit pohon buah yang terdiri dari 9 jenis. Diantaranya yakni Alpukat, Matoa, Jambu Bol, Jambu Air Madu, Sukun, Lengkeng, Manggis, Sukun, Dan Nangka.

Kepala DPRKPLH Tala, Zainal Abidin menerangkan, selain kegiatan penanaman ini dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap 22 April, ia juga berharap akan ada kebermanfaatan berlebih yang dapat dirasakan masyarakat dari penanaman ini.

โ€œKami tanam di sekitar area sungai sekaligus dekat dengan pemukiman warga, mudah-mudahan kelak nanti bermanfaat bagi warga sekitar,โ€ ucap Zainal di sela kegiatan tersebut yang berpusat di sekitar jembatan perbatasan antara Kelurahan Pelaihari RT.05 dan Kelurahan Karang Taruna RT.01 di Jalan KH. Nawawi pada Selasa (30/4/2024) pagi.

Ia juga berharap, warga dapat turut serta merawat dan menjaga pohon yang telah ditanam ini sehingga juga menjadi warisan bagi generasi berikutnya.

Salah seorang warga yang disekitar kegiatan berlangsung, Ibu Diah mengungkapkan rasa terima kasih atas upaya pemerintah dalam melestarikan lingkungan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala melalui DPRKPLH ini.

โ€œPohon ini bukan hanya kelak bermanfaat karena akan berbuah, tetapi juga dapat mencegah jalan di tepi sungai ambles,โ€ ucap sosok yang juga pernah menerima bantuan bedah rumah dari Pemkab Tala itu.

Selain menanam pohon, DPRKPLH Tala yang menggandeng beberapabunsir masyarakat lainnya itu juga turut membersihkan area sungai Kandangandi sekitar jembatan tersebut. (rzk/K-6)

Iklan
Baca Juga:  DPMD Gelar Bimtek Pelaksanaan Posyandu
Iklan