Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
MartapuraTRI BANJAR

70 Pambakal Belajar Soft Skill Pengembangan Diri

×

70 Pambakal Belajar Soft Skill Pengembangan Diri

Sebarkan artikel ini
SOFT SKILL - 70 Pambakal belajar soft skill untuk pengembangan diri. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Sebanyak 70 Pambakal (Kades) dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Banjar mengikuti Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), di Hotel Treepark, Kertak Hanyar, Senin (03/06/2024).

Mewakili Bupati, Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhany sangat mengapresiasi kehadiran para Pambakal yang telah menyempatkan waktunya mengikuti kegiatan, meskipun di desa juga banyak yang harus dikerjakan.

“Peningkatan kapasitas kali ini berbeda dari biasanya, karena diberikan materi soft skill atau kemampuan dan pengembangan diri yang disampaikan para narasumber secara rinci,” tandasnya.

“Kami harap dapat mengikuti kegiatan dengan baik, apa saja yang kurang dipahami, silahkan diskusikan dengan narasumber,” ucapnya.

Untuk kemajuan desa, lebih jauh dia berpesan kepada Pambakal bisa meningkatkan kemampuan desa masing-masing. Kembangkan potensi diri dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa, percepat pertumbuhan perekonomian, melanjutkan program pembangunan yang belum terlaksana, meningkatkan PAD yang bersumber dari pendapatan sah.

“Selain itu, menjaga stabilitas dan kondusifitas, menjalin hubungan harmonis dengan lembaga desa, termasuk BPD, mengutamakan pengambilan keputusan dengan musyawarah dan pendekatan persuasif dengan masyarakat serta memberikan layanan optimal pada warga,” katanya.

“Karena pada dasarnya, Pambakal selaku pimpinan di desa merupakan harapan pertama dan terakhir bagi masyarakatnya,” tambahnya.

Kegiatan terbagi dalam empat angkatan. Dari 277 desa, masing-masing angkatan I sebanyak 70 pambakal, angkatan II 69, angkatan III 70 dan angkatan IV 68 yang berakhir 7 Juni 2024. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Bappeda Gelar Rakor, Sepakati Penyusunan Perbup
Iklan