Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Bantai Bolivia 5-0, Uruguay ke Perempat final Copa America, Panama Buka Peluang Lolos

×

Bantai Bolivia 5-0, Uruguay ke Perempat final Copa America, Panama Buka Peluang Lolos

Sebarkan artikel ini
- Pemain Panama Jose Cordoba melompat untuk menendang bola di samping pemain AS Josh Sargent di Copa America. (Antara/AFP)

AMERIKA SERIKAT, Kalimantanpost.com – Tim nasional Uruguay membantai Bolivia 5-0 pada laga grup C Copa America 2024 di Stadion MetLife, New Jersey, AS, Jumat (28/6/2024) pagi sekaligus memastikan diri lolos ke perempat final Copa America 2024.

Uruguay memimpin Grup C dengan poin 6 dari dua kali main. Sebelumnya, La Celeste mengalahkan Panama 3-1. Sebaliknya dengan kekalahan itu, Bolivia tersingkit lebih awal dengan poin nol dari dua kali kalah.

Sementara itu, Panama membuka peluang lolos ke delapab besar usai menaklukkan tuan rumah Amarika Serikat 2-1.

Walau pun kalah, Amerika tetap dieringkat kedua diduduki tuan rumah AS dengan 3 poin, disusul Panama, juga dengan poin sama.

Namun, Panama dipertandingan terakhir akan ketemu Bolivia sedangkan Amerika Serikat menantang tim kuat Uruguay.

Uruguay sebagai salah satu kandidat juara Copa America pada menit kedelapan, Facundo Pellistri membuka pesta gol melalui Darwin Nunez memperbesar keunggulan Uruguay berkat golnya pada menit ke-21.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-0 Uruguay.

Seolah tidak puas dengan dua gol, Uruguay terus-menerus menekan Bolivia. Hasilnya, pada menit ke-77, Maximilliano Araujo menjadikan Uruguay unggul 3-0 lewat golnya.

Bek sayap kanan Federico Valverde sepertinya tidak mau kalah dengan tiga pencetak gol sebelumnya. Pemain Real Madrid ini membukukan gol empat menit kemudian. Satu menit menjelang laga usai, Rodrigo Bentancur menciptakan gol kelima Uruguay.

Dipertandingan lainnya, Panama berhasil membungkam Amerika Serikat (AS) dengan skor 2-1 dalam laga Grup C Copa Amerika 2024 di Mercedes-Benz Stadium, Atlanta, Georgia, pada Jumat pagi WIB.

Berperan sebagai tuan rumah, Amerika Serikat yang menginginkan kemenangan untuk memastikan tiket ke perempat final langsung meramu serangan sejak awal laga mengandalkan Christian Pulisic, Folarin Balogun, dan Thimothy Wea di lini depan.

Baca Juga:  Brazil dan Italia ke Babak 16 Besar, Jepang Disingkirkan Israel

Sebuah gol tercipta saat laga baru berjalan menit melalui sepakan keras Weston McKennie, namun sayangnya, setelah melihat Video Assistant Referee (VAR) wasit Ivan Barton menganulir gol tersebut karena Tim Ream dalam posisi offside.

Skuad asuhan Greg Berhalter harus mengalami kerugian saat Thimothy Wea diusir wasit keluar lapangan setelah mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran keras dengan memukul kepala belakang pemain Panama, Roderick Miller.

Pulisic dan kawan-kawan terus berjuang membuka keunggulan hingga tercipta sebuah gol pada menit ke-22 melalui sepakan keras Balagun yang tak bisa dihalau kiper Orlando Mosquera membuat skor 1-0.

Usai kebobolan, Panama yang unggul dalam jumlah pemain pun mulai membangun serangan balik yang cepat untuk menyamakan skor.

Bek Panama Cesar Blackman yang membantu serangan berhasil merobek gawang Amerika Serikat pada menit ke-26 sehingga mengubah skor menjadi 1-1.

Anak asuh pelatih Thomas Christiansen yang mendominasi penguasaan bola belum mampu membuka keunggulan hingga wasit meniup peluit untuk mengakhiri babak pertama.

Memasuki babak kedua, Panama terus mempertahankan dominasi dalam penguasaan bola sembari menciptakan peluang untuk menjebloskan ‘si kulit bundar’ ke gawang The Yanks yang dikawal Ethan Horvath.

Serangan demi serangan mampu dimentahkan lini pertahanan Amerika Serikat hingga akhirnya kebuntuan terpecahkan lewat gol Jose Fardado pada menit ke-83 yang mengubah skor menjadi 2-1.

Memanfaatkan umpan Abdiel Ayarza, Fajardo yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil melesakkan bola ke awang Amerika Serikat lewat tendangan kaki kanan.

Panama berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga usai serta mengantongi 3 poin. Kemenangan itu sekaligus membuka peluang ke perempat final Copa Amerika, setelah pada laga sebelumnya kalah 1-3 dari Uruguay.

Los Canaleros masih memiliki satu laga tersisa di fase grup melawan Bolivia yang terjadi pada 2 Juli mendatang.

Baca Juga:  Ini Manager Timnas Putra U-20 dan U-17 serta Timnas Wanita Indonesia

Sementara, nasib Amerika Serikat melangkah ke babak selanjutnya akan ditentukan lewat hasil pertandingan melawan Uruguay yang juga berlangsung pada 2 Juli. (ful/Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup C
Senin (24/6)

  • Amerika Serikat vs Bolivia 2-0
  • Uruguay vs Panama 3-1

Jumat (28/6)

  • Panama vs Amerika Serikat 2-1
  • Bolivia vs Uruguay 5-0

Jadwal Pertandingan
Selasa (2/7)

  • Uruguay vs Amerika Serikat
  • Panama vs Bolivia

Klasemen Sementara

  1. Uruguay 2 2 0 1 8-1 6
  2. Amerika S 2 1 0 1 3-2 3
  3. Panama 2 1 0 1 3-4 3
  4. Bolivia. 2 0 0 2 0-7 0

Iklan
Iklan