Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tapin

Delapan Inovator Ikuti Lomba TTG Tingkat Kecamatan Binuang

×

Delapan Inovator Ikuti Lomba TTG Tingkat Kecamatan Binuang

Sebarkan artikel ini
PRESENTASI INOVASI - Pembuatan pupuk organic cair dihadapan para dewan juri lomba TTG tingkat Kecamatan Binuang. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Sebanyak 8 inovator ikuti lomba inovasi Tegnologi Tepat Guna Kelurahan dan Desa Tingkat Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin Tahun 2024. Kerjasama Pemerintah Kecamatan Binuang dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tapin bertempat Aula Kantor Kecamatan Binuang. Kamis (6/6/2024).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Sekretaris Camat Binuang Esti Sapto Rini juga sebagai juri dan Perwakilan Dinas PMD Kabupaten Tapin Kabid Pengembangan Ekonomi dan Desa Iwan Satriansyah.

Sekretaris Kecamatan Binuang Esti Sapto Rini mengatakan, kegiatan lomba inovasi tegnologi tepat guna Kecamatan Binuang pertama kalinya digelar dalam rangka mendorong pelaku inovator Binuang menciptakan sebuah inovasi yang bermanpaat bagi masyarakat.

“Lomba Inovasi Tegnologi Tepat Guna kecamatan Binuang pertama kali digelar, hal ini sebagai wadah atau ajang dimana generasi muda menampilkan inovasi kreatifitas dalam buat tegnologi tepat guna yang bisa tunjukkan pada generasi yang akan datang,“ ucapnya.

Karena tujuan akhir dari inovasi yang diciptakan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dari inovasi ini mendapat nilai tambah dari teknologi yang diciptakan dan menjadi pelaku ekonomi produktif.

Berharap kegiatan lomba inovasi tegnologi tepat guna bisa terus dilanjutkan untuk dimasa mendatang, sehingga dikecamatan muncul inovasi-inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang.

Sementara Kepala Dinas PMD melalui Kabid Pengembangan Ekonomi dan Desa Iwan Satriansyah mengatakan, kegiatan lomba inovasi tegnologi tepat guna yang digelar pemerintah Kecamatan Binuang adalah langkah yang luar biasa mampu mengumpulakn para inovator-inovator muda baik dari kelurahan dan desa Kecamatan Binuang.

“Ini suatu langkah yang sangat bagus, satu satunya kecamatan yang menggelar lomba teknologi tepat guna tingkat Kecamatan menghadirkan inovator Kelurahan dan Desa Kecamatan Binuang,“ ujarnya.

Baca Juga:  Merajut Kebhinekaan Tunggal Ika Dalam Komunikasi Sosial Kodim 1010 Tapin 

Berharap jangan sampai tegonologi yang dibuat menimbulkan masalah dan menjadi budak, tetapi bagaimana teknologi bisa bermanfaat untuk generasi penerus dan untuk kita diri sendiri.

“Jangan sampai kita menjadi budak tegonologi, paling tidak kita bisa mendampingi teknologi menjadi yang bermanfaat baik untuk kita sendiri dan orang lain,“ katanya.

Kedepan kegiatan inovasi tegnologi tepat guna di lingkungan Kecamatan Binuang bisa terus dilakukan, sehingga selalu muncul inovator-inovator yang berkualitas dan tepat guna.

Dari 10 inovator langsung memperaktekkan dihadapan dewan juri diantaranya, siswa SMKN 1 Binuang membuat alat pendeteksi bencana, peternak membuat alat Pembuat Pupuk Organik menjadi pupuk Mutiara, inovasi Pakis yaitu alat pakan ikan otomatis dibuat oleh Pegawai Kecamatan Binuang, pemuda desa membuat perangkap ikan dari botol plastic dan kipas angin ac, serta pembuatan pupuk organic cair berbahan air seni kambing dan pembuatan pakan ruminansia dibuat oleh Kaum milienela Binuang. (abd/K-6) 

Iklan
Iklan