Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Dewan Minta Keberhasilan Pertahankan WTP Pemicu Semangat Peningkatan PAD

×

Dewan Minta Keberhasilan Pertahankan WTP Pemicu Semangat Peningkatan PAD

Sebarkan artikel ini
H Hari Wijaya

Banjarmasin,KP – DPRD Kota Banjarmasin menyampaikan apresiasi kepada Pemko Banjarmasin yang berhasil mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalsel.

Apresiasi disampaikan Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya kepada {KP} digelarnya rapat paripurna dengan agenda penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 oleh Pemko Banjarmasin,Senin (3/6/2024).

“ Kami pihak dewan memberikan apresiasi kepada Pemko Banjarmasin yang kembali berhasil mewujudkan tata pengelolaan keuangan yang baik, sehingga bisa mempertahankan penilaian WT P untuk 11 kalinya secara berturut-turut,” ujarnya.\

Menurutnya, pengelolaan keuangan yang baik, akuntabel dan transparan merupakan kewajiban yang harus diupayakan oleh pemerintah daerah dalam penggunaan APBD.

Harry Wijaya juga menyampaikan harapannya, prestasi yang diraih terus dipertahankan dapat dijadikan acuan bagi Pemko Banjarmasin dalam meningkatkan kinerja pemerintahan dan kemajuan pembangunan kota ini.

Menurutnya, khusus untuk meningkatkan pembangunan Pemko Banjarmasin tentunya membutuhkan pembiayaan cukup besar, sehingga dibutuhkan sumber-sumber penerimaan dalam meningkatkan pendapatan terlebih bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD.

Dikemukakan, APBD Kota Banjarmasin tahun 2023 pendapatan daerah hanya tercapai 74,99 persen dari sebesar Rp 2,6 triliun dan terealisasi Rp 1,9 triliun.

Pendapatan bersumber dari transfer dari pemerintah pusat terealisasi sebesar Rp 1,4 triliun lebih atau 83,54 persen dari ditargetkan sebesar Rp 1,7 triliun lebih.Sedangkan lain-lain pendapatan terealisasi Rp 5,5 miliar lebih dari ditargetkan Rp 12,6 miliar.

Sumber pendapatan lainnya yaitu diperoleh dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) tercapai 56,79 persen atau Rp 466. miliar dari ditargetkan Rp 820 miliar.

Harry Wijaya pihak DPRD Kota Banjarmasin melalui Badan Anggaran terus memberikan dorongan untuk meningkatkan PAD. “

Oleh itu dengan adanya dorongan ini seharusnya dijadikan semangat bagi SKPD yang diberikan kewenangan menggali dan menarik retribusi maupun pajak untuk meningkatkan PAD,” harapnya. (nid/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Aktifitas Pasar Tradisional Sepi Pengunjung, 15 Pasar di Banjarmasin Buka Layanan Belanja Online
Iklan