Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Dua Purna Paskibraka 2023 Asal Kalteng Dikukuhkan Menjadi Duta Pancasila

×

Dua Purna Paskibraka 2023 Asal Kalteng Dikukuhkan Menjadi Duta Pancasila

Sebarkan artikel ini
-Duta Pancasila Kachina saat dijemput keluarganya. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

JAKARTA, Kalimantanpost. com – Dua orang purna Paskibraka Pusat bersama sejumlah anggota lainnya dikukuhkan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi Purnapaskibraka Duta Pancasila (PDP).

Pengukuhan berlangsung di Kota Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024) pasca mereka bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.

Dua orang pasukan Paskibraka Nasional 2023 asal Kalimantan Tengah, yang kini menjadi duta Pancasila tersebut masing-masing bernama Tarangga Mahatvavirya Andyenta (Lamandau) dan Kachina Ozora (Palangka Raya).

Menurut Kachina setibanya di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Selasa (4/6/2024), sebagai generasi muda Kalteng mengaku sangat bangga menjadi Duta Pancasila, dan telah dikukuhkan serta menunaikan tugas yang diberikan kepadanya.

Ia berharap ke depan lahir generasi yang lebih baik lagi, terutama agar generasi muda mempersiapkan diri dan menerapkan dasar ideologi negara menghadapi generasi emas tahun 2045 mendatang.

Sementara Kepala BPIP Yudian Wahyudi, menyatakan penetapan mereka bermakna adik-adik wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Yudian berharap PDP 2023 dari perwakilan setiap provinsi ini dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dalam laku hidup sehari-hari, adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta Tanah Air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Prakoso membacakan ikrar dan diikuti oleh seluruh Paskibraka.

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina mengatakan Purnapaskibraka telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala BPIP Nomor 29 Tahun 2024.

Rima pasca itu mendampingi Kepala BPIP menyematkan pin dan sertifikat PDP diteruskan dengan memberikan selamat dan diikuti seluruh unsur pimpinan dan pejabat di lingkungan BPIP. Hadir pada acara tersebur seluruh pengurus Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI).(drt/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Puluhan Wartawan Ikuti Pelatihan Menulis Berita Ekonomi di Batu-Malang
Iklan