Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Jerman Lolos ke 16 Besar, Skotlandia Buka Asa ke Putaran Kedua Usai Tahan Swiss 1-1 di Piala Eropa 2024

×

Jerman Lolos ke 16 Besar, Skotlandia Buka Asa ke Putaran Kedua Usai Tahan Swiss 1-1 di Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Selebrasi Ilkay Gundogan (tengah) setelah mencetak gol kedua Jerman ke gawang Hungaria dalam pertandingan Grup A Piala Eropa 2024 di Mercedes-Benz Arena, Berlin pada Kamis (20/6/2024). (Antara/Dok-UEFA)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Timnas Jerman dipastikan menjadi tim pertama lolos ke 16 besar setelah menang 2-0 atas Hungaria dalam matchday kedua Grup A Piala Eropa (Euro) 2021 di Mercedes-Benz Arena, Berlin Kamis (20/6/2024) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan tim tuan rumah dicetak Jamal Musiala di paruh pertama dan Ilkay Gundogan di babak kedua.

Kemenangan ini membuat tim asuhan Julian Nagelsmann lolos babak 16 besar setelah mengumpulkan enam poin, tetapi mereka harus memainkan laga terakhir lawan Swiss demi memastikan finis sebagai juara grup.

Dipertandingan lainnya Grup A, Skotlandia membuka asa lolos ke babak kedua setelah menahan imbang 1-1 Swiss yang berlangsung di Stadion RheinEnergie Jerman.

Skotlandia memimpin 1-0 lebih dulu pada menit ke-13 lewat Scott McTominay dan Xherdan Shaqiri mengubah menjadi 1-1 di menit ke-26.

Hasil imbang ini, Swiss hampir dipastikan lolos keputaran 16 besar dengan poin 4 dari sekali menang dan satu kali seri. Swiss hanya membutuhkan hasil seri lawan Jerman untuk menjadi runner up Grup A atau kalah tipis atas tuan rumah.

Sementara itu Skotlandia di posisi ketiga dengan poin 1 dari sekali seri dan satu kali kalah.

Untuk bisa melaju ke 16 besar, Skotlandia akan bertarung hidup mati melawan Hungaria memenangkan pertandingan di partai terakhir sebagai peringkat tiga terbaik.

Bermain di depan publik lawan, ancaman pertama diciptakan oleh Hungaria saat laga belum sampai satu menit. Rolland Sallai memenangi perebutan bola dengan Joshua Kimmich untuk masuk ke kotak penalti Jerman, tetapi sepakannya masih bisa diblok kiper veteran Manuel Neuer.

Giliran Jerman yang menebar ancaman pada menit ke-5 lewat Kai Havertz. Namun, tembakan jarak jauhnya sukses diamankan kiper Hungaria, Peter Gulacsi.

Baca Juga:  Ini Kata Griezmann Bila Perancis Tanpa Mbappe saat Melawan Belanda di Piala Eropa 2024

Havertz kembali mendapatkan peluang enam menit kemudian. Usai memenangi duel perebutan bola dengan Willi Orban, pemain Arsenal itu tinggal berhadapan dengan Gulacsi.

Sayangnya Havertz gagal menaklukkan Gulacsi. Jerman baru bisa membuka skor pada menit ke-22.

Gol ini bermula dari serangan Jerman yang berujung pada umpan Musiala ke arah Ilkay Gundogan. Kapten Timnas Jerman itu tampil ngotot di kotak penalti hingga mendorong Willi Orban sebelum mengirim bola ke Musiala.

Musiala menuntaskan umpan Gundogan dengan tembakan jarak dekat yang gagal diselamatkan Gulacsi.

Gol tersebut sempat diprotes para pemain Hungaria karena merasa Gundogan lebih dulu melanggar Orban untuk menguasai bola.

Namun, pengecekan VAR menyatakan gol tersebut sah. Kontak antara Orban dan Gundogan dinilai bukan pelanggaran. Jerman memimpin 1-0.

Hungaria berupaya menyamakan kedudukan. Dominik Szoboszlai mendapat kesempatan dari tendangan bebas pada menit ke-26, tetapi tembakannya ke sudut kiri gawang ditepis Neuer.

Musiala mencetak gol keduanya menjelang akhir babak pertama. Namun, percobaannyanya bola masih melebar di sisi kanan gawang Hungaria.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Toni Kroos berpeluang menambah skor bagi Jerman lewat tembakan jarak jauhnya pada menit ke-55, tetapi upayanya belum dapat menaklukkan Gulacsi.

Die Mannschaft baru bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-67. Sebuah permainan umpan cepat berakhir di kaki Maximilian Mittelstadt yang kemudian mengirimkan umpan silang datar dari sisi kiri ke kotak penalti.

Bola kemudian disambar Gundogan yang berhasil mendapatkan ruang dan tidak terkawal di kotak penalti. Tembakannya ke sudut kanan gawang gagal dihalau Gulacsi.

Unggul dua gol tidak menurunkan intensitas serangan Jerman. Mereka menciptakan dua peluang berbahaya melalui sepakan Joshua Kimmich dan Leroy Sane.

Baca Juga:  Qatar Ketemu Yordania di Final Piala Asia Usai Tumbangkan Iran 3-2

Namun, percobaan tersebut masih belum membuahkan gol tambahan. Pada akhirnya tidak ada tambahan yang tercipta dan Jerman mengamankan kemenangan 2-0 atas Hungaria

Susunan pemain

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, Maximilian Mittelstadt, Robert Andrich (Emre Can 72′), Toni Kroos, Jamal Musiala (Chris Fuhrich 72′), ─░lkay Gundogan (Deniz Undav 83′), Florian Wirtz (Leroy Sane 58′), Kai Havertz (Niclas Fullkrug 58′)

Hungaria (3-4-2-1): Peter Gulacsi, Marton Dardai, Willi Orban, Attila Fiola, Milos Kerkez (Zsolt Nagy 75′), Andras Schafer, Adam Nagy (Laszlo Kleinheisler 64′) Bendeguz Bolla (Martin Adam 75′), Dominik Szoboszlai, Roland Sallai, Barnabas Varga. (ful/Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup A

Sabtu (15/6/2024)

  • Jerman vs Skotlandia 5-1
  • Swiss vs Hungaria 3-1

Kamis (20/6)

  • Jerman vs Hungaria 2-0
  • Skotlandia vs Swiss 1-1

Klasemen Sementara Grup A

  1. Jerman 2 2 0 0 7-1 6
  2. Swiss 2 1 1 0 4-2 4
  3. Skotlandia 2 0 1 1 2-6 1
  4. Hungaria 2 0 0 2 1-5 0

Iklan
Iklan