Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Kejutan, Slovakia Tumbangkan Belgia, Rumania Bantai Rumania di Piala Eropa 2024

×

Kejutan, Slovakia Tumbangkan Belgia, Rumania Bantai Rumania di Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Selebrasi pemain Slowakia Ivan Schranz mencetak gol lawan Belgia dalam pertandingan Grup E Piala Eropa 2024 di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada Selasa (18/6/2024). (Antara/AFP/KPO-3)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Kejutan mewarnai dipertandingan penyisihan Grup E Piala Eropa 2024 dengan tumbangnya dua tim unggulan, Belgia dan Ukraina. Slovakia menumbangkan tim favorit Belgia 1-0 dan Rumania membantai Ukraina 3-0 dalam pertandingan.

Berkat kemenangan itu, Rumania untuk sementara memimpin Grup E depan poin 3 unggul selisih gol dengan Slovakia yang juga meraih nilai 3 dari sekali main.

Belgia di posisi ketiga disusul Ukraina diperingkat keempat dengan poin nol.

Gol penentu kemenangan Slovakia yang bertandingan di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa (18/6/2024) dini hari WIB dicetak oleh Ivan Schranz pada awal babak pertama.

Meski mendominasi penguasaan bola, Belgia kesulitan mengubah peluang menjadi gol.

Belgia langsung mendapatkan peluang saat laga baru berjalan tiga menit ketiga ketika Romelu Lukaku menyambut umpan terobosan Kevin De Bruyne. Tinggal berhadapan dengan Martin Dubravka, sepakan Lukaku malah digagalkan.

Dua menit kemudian Lukaku mendapatkan peluang emas, tapi sontekannya kembali digagalkan Dubravka.

Slovakia justru mencetak gol pada menit ke-7 lewat serangan pertamanya. Diawali sepakan Juraj Kucka yang ditepis Koen Casteels, bola rebound disambar Ivan Schranz untuk membawa timnya unggul 1-0.

Gol itu sempat ditinjau VAR karena ada dugaan Kucka sudah offside. Namun, akhirnya gol disahkan karena bek Belgia Zeno Debast membuat posisi Kucka onside.

Setelah gol itu, Belgia langsung membombardir pertahanan Slovakia, tetapi buruknya penyelesaian akhir membuat peluang sulit dikonversi menjadi gol.

Pada menit ke-21, Leandro Trossard memberikan ancaman lewat sepakan dari luar kotak penalti, tapi melambung tinggi di atas mistar gawang.

Slovakia hampir menggandakan kedudukan pada menit ke-31 ketika sepakan Lukas Haraslin gagal ditepis Casteels.

Lima menit berselang sundulan Amadou Onana yang menyambut sepak pojok berhasil ditangkap Dubravka.

Baca Juga:  Dua Pemain Keturunan Incaran Shin Tae-yong Bela Timnas Belanda

Gawang Slovakia kembali selamat setelah Casteels menepis sepakan voli Haraslin pada menit ke-40.

Belgia menaikkan intensitas serangan pada babak kedua. Mereka sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-55 lewat Lukaku.

Lukaku mencocor bola sepak pojok De Bruyne dari jarak dekat. Namun, VAR menganulir gol itu karena Lukaku sudah offside.

Belgia benar-benar tidak beruntung ketika Johan Bakayoko yang baru masuk sebagai pengganti membuat peluang emas pada menit ke-62.

Belgia sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-86. Openda menaklukkan lawannya dan mengirimkan umpan tarik yang disambut sepakan kaki kiri Lukaku, yang menjebol jala Dubravka.

Selebrasi Belgia usai menyamakan skor cuma bertahan sebentar karena VAR menganulir gol tersebut.

Gol itu dianulir karena Openda dianggap handball saat menerima umpan lambung dari rekannya.

Dipertandingan sebelumnya Timnas Rumania meraih kemenangan 3-0 atas Ukraina dalam pertandingan di Allianz Arena, Munich, Senin malam.

Gol Rumania masing-masing dicetak oleh Nicolae Stanciu, Razvan Marin, dan Denis Dragus. Sedangkan Ukraina mencatatkan 13 percobaan dengan hanya dua tembakan on target di sepanjang pertandingan.

Ukraina memulai pertandingan dengan menekan Rumania, tetapi mereka kesulitan memanfaatkan peluang yang ada.

Rumania justru bisa mencuri gol di tengah serbuan Ukraina. Nicolae Stanciu berhasil membuka skor pada menit ke-29 menit. Dimulai dari kesalahan lini belakang, operan Andriy Lunin mengarah kepada Dennis Man di sayap kanan.

Bola kemudian diberikan kepada Stanciu yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti sebelum bersarang di sudut atas gawang Ukraina. Rumania unggul 1-0.

Rumania nyaris kebobolan gol bunuh diri. Umpan silang Mykhailo Mudryk dari sayap kiri disapu Radu Dragusin dengan sundulan. Bola sapuan itu melambung tipis di atas mistar Rumania.

Baca Juga:  Dispora Kalsel Kembalikan Anggaran PON yang ditunda

Pada menit ke-53, Rumania memperbesar skor menjadi 2-0 melalui gol Razvan Marin. Serangan dari sayap kanan dihalau Mykola Shaparenko. Bola dikuasai Marin yang langsung melakukan tendangan dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan Lunin.

Rumania menghancurkan Ukraina saat mencetak gol ketiga pada menit ke-56.

Aksi individu Dennis Man di kotak penalti dituntaskan dengan tendangan dari sisi kanan. Bola menerobos kaki Artem Dovbyk sebelum disontek Denis Dragus dari jarak dekat. Rumania 3-0 Ukraina.

Setelah unggul tiga gol, Rumania memilih untuk bermain bertahan dengan disiplin.

Ukraina nyaris saja mencetak gol di injury time. Roman Yaremchuk menerima bola umpan silang dari kanan, sebelum diteruskan dengan tendangan lambung.

Bola melewati atas kepala Florin Nita, tetapi masih membentur mistar gawang Rumania sebelum keluar lapangan.

Rumania sukses mempertahankan keunggulan 3-0 mereka sampai pertandingan berakhir. (ful/Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup E
Senin (17/6) malam hingga Selasa (16/2024) dinihari

  • Rumania vs Ukraina 3-0
  • Belgia vs Slovakia 0-1

Klasemen Sementara

  1. Rumania 1 1 0 0 3-0 3
  2. Slovakia 1 1 0 0 1-0 3
  3. Belgia 1 0 0 1 0-1 0
  4. Ukraina 1 0 0 1 0-3 0 foto
Iklan
Iklan