Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATanah Laut

Pj Bupati: Sudah saatnya Pariwisata Tala Dikenal Nasional

×

Pj Bupati: Sudah saatnya Pariwisata Tala Dikenal Nasional

Sebarkan artikel ini

Pelaihari, KP – Pj Bupati Tanah Laut (Tala) H Syamsir Rahman, menginginkan agar finalis-finalis Putera dan Puteri Pariwisata dapat mempromosikan keindahan dan kekayaan alam Bumi Tuntung Pandang hingga tingkat nasional bahkan internasional.

Hal tersebut Ia sampaikan, saat menghadiri malam Grand Final Pemilihan Putera dan Puteri Pariwisata Kabupaten Tala Tahun 2024 di Balairung Tuntung Pandang, Minggu (2/6/2024).

“Sebagai perwakilan Tala, saya ingin seluruh finalis mampu memaksimalkan brain dan behaviour dalam mendukung majunya pariwisata Tala, sudah saatnya pariwisata kita dapat dikenal masyarakat dikancah nasional maupun internasional,” ungkap Syamsir.

Ia melanjutkan, pemilihan putera dan puteri pariwisata Tala, pada dasarnya merupakan wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan potensi, bakat, kreativitas dan kecerdasan yang dimilikinya.

Melalui event seperti ini, peserta dapat mengenal lebih dalam tentang potensi pariwisata, belajar bersosialisasi, menambah pengalaman dan jejaring serta meningkatkan kreativitas seni budaya, agar peserta dapat menjadi putera dan puteri Bumi Tuntung Pandang yang cerdas dan cemerlang.

“Ajang seperti ini harus dilanjutkan setiap tahunnya dan bisa lebih meriah lagi, dari finalis ini nantinya dapat mengenalkan dan mendatangkan lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke wisata yang ada di Tala,” tuturnya.

Syamsir juga mengatakan, sektor pariwisata Tala memiliki andil yang cukup besar dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. Kelompok-kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di Tala merupakan salah satu contoh konkrit bahwa masyarakat sadar wisata yang terlibat didalamnya telah menerima manfaar besar dari kunjungan wisatawan.

Kesempatan besar ini, hendaknya menjadi sarana bagi finalis untuk lebih memperdalam lagi kearifan lokal Tala sehingga dapat menciptakan trobosan baru agar pariwisata Tala dapat lebih menarik lagi dimata para wisatawan.

Baca Juga:  Bupati HSS Buka Bimtek PPBR oleh BPKP Perwakilan Kalsel

“Sebagai duta pariwisata, kalian harus mampu mencarikan solusi akan peningkatan kaim muda khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk senang dan selalu ingin kembali berwisata di Tala, kami selalu mendukung berbagai gagasan positif yang kalian miliki untuk kemajuan wisata Bumi Tuntung Pandang,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan launching Sistem Informasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tanah Laut (Siekrafu) yang dapat diunduh melalui smartphone android. Turut berhadir perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tala, Pj Sekretaris Daerah Tala, para kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tala, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Tala dan Tapin, Camat se-Kabupaten Tala, pimpinan perbankan serta tokoh masyarakat. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan