Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Sekolah Lansia ‘BKL Kasturi’ Launching di Peringatan Hari Lanjut Usia

×

Sekolah Lansia ‘BKL Kasturi’ Launching di Peringatan Hari Lanjut Usia

Sebarkan artikel ini
PEDULI LANSIA - Wali Kota Banjarbaru,Aditya Mufti Ariffin, mengajak masyarakat untuk lebih pengimplementasian di masyarakat yang jelas harus diterapkan untuk lebih perduli terhadap lansia. (KP/DEVI)

BANJARBARU, KP – Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Selatan menjadi momentum lanjut usia (lansia) dan pemangku kebijakan untuk merayakan dan memperhatikan kaum emas.

Berlangsung di gedung DP3APMP2KB Kota Banjarbaru, dihadiri Plt. Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Irfan Susilo, Plt Deputi Bidang Lalitbang BKKBN, dr Irma Ardiana MAPS.

Wali Kota Banjarbaru,Aditya Mufti Ariffin, mengajak masyarakat untuk lebih pengimplementasian di masyarakat yang jelas harus diterapkan untuk lebih perduli terhadap lansia.

“Pemerintah Kota Banjarbaru dalam hal ini memberikan perhatian khusus terhadap lansia. Yaitu adanya program homecare (pelayanan kesehatan di rumah). Serta dari Dinas Sosial Kota Banjarbaru yaitu berupa sembako setiap bulan, makanan siap saji 2x sehari, dan intensif setiap bulannya,” tambah Aditya.

Peringatan Hari Lansia tahun ini berlangsung lebih dekat dengan masyarakat lansia, melalui pemeriksaan kesehatan gratis dari puskesmas.

Plt Deputi Bidang Lalitbang BKKBN, dr Irma Ardiana MAPS mengapresiasi Kota Banjarbaru yang berhasil menurunkan penurunan stunting yang luar biasa. Yaitu pada tahun 2021 stunting di angka sebesar 18,6% dan tahun 2024 turun drastis menjadi 12,9%.

“Wali Kota Banjarbaru menurut pencatatan saya di Kota Banjarbaru juga IPM nya tergolong sangat tinggi dan berarti dari sisi pendidikan kesehatan, usia harapan hidupnya pun ini juga tinggi. Sehingga penduduk lansia di Kota Banjarbaru ini termasuk juga yang tinggi,” katanya.

Tak hanya itu, Pada Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Selatan ini, Aditya juga resmi melaunching Sekolah Lansia “BKL Kasturi” yang berada di kelurahan Syamsudin Noor Kota Banjarbaru. Setelah sebelumnya PLH Kepala DinasDP3APMP2KB Menerima Penghargaan I Bangga Awards yang mana Banjarbaru menjadi Juara ke 1 Tingkat Provinsi Kalsel.

Baca Juga:  Kompetensi Tenaga Pendidik di Kota Banjarmasin Terus Diasah

Perayaan HLUN tahun ini di Kalimantan Selatan diharapkan dapat menjadi momentum yang memperkuat kesadaran akan pentingnya peran dan hak kaum lansia dalam masyarakat. Kehadiran Plt Deputi Bidang Lalitbang BKKBN, dr Irma Ardiana MAPS, menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus mendukung dan mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh kaum lansia dalam pembangunan bangsa. (Dev/K-3)

Iklan
Iklan