Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tapin

Tapin Miliki Instalasi Pengolahan Limbah Tinja

×

Tapin Miliki Instalasi Pengolahan Limbah Tinja

Sebarkan artikel ini
Pj BUPATI TAPIN - Muhammad Syarifuddin meninjau bangunan IPLT Kabupaten Tapin. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin melakukan pemantauan beberapa aset berupa tanah dan bangunan milik pemerintah daerah Kabupaten Tapin berada di wilayah Kecamatan Lokpaikat, Sabtu (8/6/2024).

Peninjauan dengan mengunakan motor trail Pj Bupati Tapin didampingi oleh Kadis PUPR Rizkan Noor, Kepala Dinas Perkimtam Yumanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nordin, Kepala Pelaksana BPBD Tapin Raniansyah dan Kepala Bappelitbang Meidy Haris Prayoga.

Pertama dikunjungi lahan sebidang tanah Kampung Kusta/Lepra (Sosial) berada di Kelurahan Bitahan Kecamatan Lokpaikat. Kedua bangunan Instalasi pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) dikelola Dinas Lingkungan Hidup.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, mengatakan kunjungan ke lepra ini, untuk melihat langsung tanah milik pemerintah daerah, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan lainnya.

“Ada sekitar seluas 60 hektar tanah milik pemerintah daerah di lepra Kelurahan Bitahan Kecamatan Lokpaikat yang kita kunjungi ini,” ucapnya.

Tentunya dengan lahan seluas itu, nantinya dapat kita manfaatkan untuk dikelola jadikan yang bermanfaat untuk masyarakat Tapin atau lainnya.

Diakui Syarifuddin bahwa saat ini masih banyak aset milik pemerintah daerah yang tidak kita kelola, sehingga nantinya dapat kita inventaris dan akan dibuatkan sertifikat atau dokumen kepemilikan yang sah.

“Aset yang belum di sertifikat akan segera di urus oleh dinas terkait,” katanya.

Ditambahkan Syarifuddin juga bahwa Kabupaten Tapin sendiri telah memiliki tempat pengelolaan limbah manusia maupun sampah rumah tangga dan restoran.

“Jadi IPLT dapat menampung limbah di Kota Rantau, yang nantinya bisa dijadikan sumber bahan baku untuk biogas,” katanya.

Berharap nantinya keberadaan IPLT dapat difungsikan untuk menampung limbah manusia dan sampah rumah tangga di Kota Rantau. (abd/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Plt Kejari Tapin Mutasi ke Kejati Kalsel
Iklan