Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Wagub Kalteng Edy Pratowo Tutup Pameran Pembangunan dan Festival Budaya Mihing Manasa.

×

Wagub Kalteng Edy Pratowo Tutup Pameran Pembangunan dan Festival Budaya Mihing Manasa.

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

KUALA KURUN, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menutup secara resmi Pameran Pembangunan Festival Budaya Mihing Manasa dan Hiburan Rakyat yang digelar di Stadion Mini Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Jumat (21/6/2024).

Pameran Pembangunan Festival Budaya Mihing Manasa dan Hiburan Rakyat merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Gunung Mas.

Wagub Edy Pratowo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Gunung Mas atas kerja keras yang telah diraih selama 22 tahun. Kabupaten Gunung Mas dibanding dengan tahun tahun sebelumnya jauh pesat pembangunannya.

“Kita bisa melihat dari berbagai aspek yang menjadi tolak ukur penilaian misalnya dari ketaatan pengelolaan keuangan, Kabupaten Gunung Mas sudah sembilan kali berturut-turut meraih WTP dari BPK RI Perwakilan Kalteng,” tutur Wagub.

Lebih lanjut disampaikan capaian selanjutnya yakni angka penurunan stunting yang sangat rendah dibandingkan kabupaten lainnya.

Selanjutnya dari aspek kegiatan lainnya, setiap pelaksanaan kegiatan, Kabupaten Gunung Mas juga bisa melaksanakan berbagai event yang dilaksanakan di tiap provinsi dengan baik dan sebagian meraih juara.

Pada kesempatan tersebut, Wagub mengutarakan pihaknya telah menggelar ramah tamah dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda, dimana berdasarkan PAD Kalteng, pada tahun 2024 ini ruas jalan dari Bukit Liti sampai ke Gunung Mas akan mendapat perbaikan.

“Paling tidak kondisi jalan yang rusak-rusak parah, lubang dimana-mana ditangani,” tuturnya.

Berdasarkan arahan Gubernur, Wagub Edy Pratowo menginstruksikan agar Dinas PUPR Kalteng segera menyelesaikan supaya akses jalan menghubungkan dari Gunung Mas ke Palangka Raya agar cepat ditangani.

Ia menambahkan, Pemprov Kalteng saat ini sedang mendorong dan menggenjot penyelesaian pembangunan jalan khusus bagi angkutan berat yang menghubungkan Gunung Mas sampai ke simpang Sungai Hanyu.

Baca Juga:  Belajar Bersama di Museum Balanga, Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Adat Istiadat Dayak

Sementara itu, Pj. Bupati Gunung Mas Herson B Aden menyatakan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan dalam mengekspresikan kegembiraan untuk memperingati Hari Jadi ke-22 Kabupaten Gunung Mas dan sebagai simbol ucapan syukur dan suka cita dengan seluruh warga masyarakat Kabupaten Gunung Mas.

“Hal itu sejalan dengan tema HUT ke-22 Kabupaten Gunung Mas yaitu “Bersatu untuk Menuju Kabupaten Gunung Mas Maju dan Sejahtera”.

Ada pun hasil pelaksanaan Festival Budaya Mihing Manasa yang dilaksanakan daro 16 sampai 21 Juni 2024, juara umum pertama diraih Kecamatan Kurun dan mendapatkan piala serta uang pembinaan Rp9 juta

Juara umum kedua disabet Kecamatan Sepang dan mendapatkan piala serta uang pembinaan senilai Rp 9 juta dan juara umum ketiga diraih oleh Kecamatan Miri Manasa yang mendapat piala dan uang pembinaan senilai Rp 9 juta.

Saat menyampaikan sambutannya, Wagub Edy Pratowo menambah hadiah uang tunai kepada para pemenang masing-masing Rp 10 juta.

Pada agenda tersebut hadir Pj Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas Shella Herson B. Aden, unsur Forkopimda Kabupaten/ Kota se-Kalteng, Sekda Kabupaten Gunung Mas Richard, Kepala OPD Kalteng terkait, jajaran Pemkab Gunung Mas, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan