Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kuala Kapuas

Wagub Kalteng Serahkan Bansos Di Kapuas

×

Wagub Kalteng Serahkan Bansos Di Kapuas

Sebarkan artikel ini
Wagub Kalteng Edy Pratowonsaat serahkan sembako murah kepada warga. (Kalimantanpost.com/Repronhumaspemprovkalteng)

KUALA KAPUAS, Kalimantanpost.com – Sehari menjelang hari raya Idul Adha, giliran Kecamatan Kapuas Murung mendapat kesempatan dikunjungi rombongan Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo membuka kegiatan pasar murah sekaligus penyerahan bantuan Hewan Qurban untuk masyarakat di Kelurahan Palingkau Lama Kabupaten Kapuas, Kuala Kapuas, Minggu (16/6/2024).

Wagub Kalteng H Edy Pratowo menyampaikan salam hangat dari Gubernur Kalteng beserta keluarga, dan menjelaskan tujuan dari kunjungan rombongannya di Kecamatan Kapuas Murung tersebut, yakni dalam rangka melihat aktivitas dan kegiatan masyarakat serta bersilaturahim dengan masyarakat setempat.

“Karena warga di Kecamatan Kapuas Murung ini, juga merupakan bagian dari masyarakat Kalimantan Tengah, jadi sudah sewajarnya kami punya waktu dan kesempatan untuk menyapa masyarakat di Kalteng ini,” ucapnya.

Disebutkannya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjaga stabilisasi harga, supaya tidak terjadi kenaikan harga bahan pokok, dan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo, supaya Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota agar bisa melakukan intervensi dan langkah-langkah dengan cara turun langsung melakukan operasi pasar, pasar murah, pasar penyeimbang dan beberapa kegiatan lainnya.

“Saya kira ini bagian dari upaya kita untuk menjaga agar harga-harga di pasar itu tidak naik, terutama menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H,” sebut Wagub.

Lebih lanjut Edy mengharapkan agar semua bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi melalui pasar murah ini, bisa bermanfaat dan dapat meringankan beban masyarakat.

“Selain itu kami juga mohon doanya agar anggaran pemerintah provinsi bisa bertambah terus, sehingga nantinya banyak juga yang akan disumbangkan dan dikembalikan untuk membantu masyarakat kita,” tandasnya.

Pada pasar murah ini, ada dua komoditas yang akan dibagikan sebanyak 500 paket bantuan sembako, terdiri dari 10 kg beras dan satu liter minyak goreng, dengan nilai di pasar sebesar Rp 192.500, satu paket, tapi hari ini hanya dijual sebesar Rp. 20.000, yang Rp 172.500,- disubsidi/dibantu oleh Pemerintah Provinsi.

Baca Juga:  DPRD Kapuas Harapkan Musrenbang RKPD Utamakan Hak Dasar Masyarakat

Selanjutnya, yang Rp 20.000,- disubsidi lagi oleh Ketua DAD Kalteng H Agustiar Sabran dan Ketua DPD KNPI Kalteng M Alfian Mawardi sehingga masyarakat Kecamatan Kapuas Murung bisa gratis mendapatkan bantuan paket sembako tersebut.

Bersamaan dengan kegiatan pasar murah ini, Wagub Kalteng juga menyerahkan bantuan Hewan Qurban untuk Kecamatan Kapuas Murung sebanyak 30 ekor sapi lokal.

Sekda Kabupaten Kapuas Septedy, mengatakan atas nama masyarakat Kecamatan Kapuas Murung dan Pemerintah Kabupaten Kapuas mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, yang telah membantu masyarakat Kabupaten Kapuas melalui pasar murah tersebut.

“Semua bantuan yang diberikan ini, dirasakan sangat membantu meringankan beban masyarakat khususnya yang berada di Kecamatan Kapuas Murung, terutama menyambut Hari Raya Iduladha besok,” kata Sekda Kapuas.

Usai melaksanakan kegiatan di Kecamatan Kapuas Murung, rombongan Wagub Kalteng selanjutnya bertolak ke Desa Mantangai Tengah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat sebanyak 500 paket sembako, serta menyerahkan hewan qurban sebanyak tujuh ekor sapi lokal untuk Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas.

Kegiatan pasar murah dan penyerahan hewan qurban di Kecamatan Kapuas Murung, dihadiri oleh Kaban BKAD Prov. Kalteng Syahfiri, Karo Ekonomi Setda Kalteng Said Salim, Karo PBJ Setda Kalteng Suharno.

Hadir juga tokoh muda, Ketua DPD KNPI Kalteng M. Alfian Mawardi, mewakili sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kalteng, Kepala OPD Kabupaten Kapuas, Camat Kapuas Murung, Lurah Palingkau Lama dan warga masyarakat Kecamatan Kapuas Murung. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan